Cara Mendapatkan Bantuan BST, PKH, dan Bantuan Beras dari Kemensos

Cara Mendapatkan Bantuan BST, PKH, dan Bantuan Beras dari Kemensos

Pemerintah terus memberikan bansos melalui Program Perlindungan Sosial kepada masyarakat selama masa PPKM Level 3 dan 4. Bagi Anda yang tidak atau belum ada di daftar penerima dan merasa berhak menerima bansos bisa mendaftarkan secara online dengan mengunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id.

klikdisini

Bantuan sosial ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi, khususnya di tengah masa pemberlakuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Berikut adalah bantuan yang diberikan pemerintah per tahun 2021, yaitu:

Program Keluarga Harapan (PKH)

Ibu Hamil/Nifas menerima bantuan sebesar Rp 3 juta per tahun, anak 0 hingga 6 tahun menerima Rp 3 juta per tahun, pendidikan SD/setingkat menerima bantuan sebesar Rp 900 ribu per tahun, pendidikan SMP/setingkat menerima sebesar Rp 1,5 juta per tahun, pendidikan SMA/setingkat menerima sebesar Rp 2,4 juta per tahun, penyandang Disabilitas dan lansia menerima bantuan sebesar Rp 2,4 juta per tahun.

Program Kartu Sembako

Untuk setiap keluarga menerima bantuan Sebesar Rp 200 ribu per bulan.

Bantuan Sosial Tunai (BST)

Untuk setiap keluarga menerima bantuan tunai sebesar Rp 300 ribu per bulan.

Bantuan sosial ini dapat dicairkan melalui bank anggota HIMBARA (BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri). Dalam penyaluran bantuan ini pemerintah akan dipercepat hingga September 2021.

Bantuan Beras

Setiap keluarga akan mendapatkan bantuan beras seberat 10 Kg

Perum Bulog selaku pelaksana yang akan menyalurkan bantuan beras ini kepada keluarga penerima bantuan dengan menargetkan 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) juga 10 juta keluarga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

Cara Mencairkan Bantuan:

Untuk mencairkan bantuan ini sangatlah mudah, penerima bantuan tingal datang ke kantor pos terdekat dengan membawa identitas diri berupa KPT, KK, Surat Undangan dari ketua RT setempat.

Petugas akan melakukan scanning barcode yang tertera pada surat undangan, setelah itu bantuan akan langsung diberikan kepada penerima manfaat. Untuk penerima bansos yang sudah mencairkan dana bantuan maka sebagai bukti untuk laporan petugas akan memfoto setiap penerima manfaat bantuan lengkap beserta dokumen pribadinya

Untuk mengetahui penerima bantuan sosial dari pemerintah, Anda juga bisa langsung melihatnya di [Sini]