Cek Daftar Bantuan Sosial Yang Cair September 2021

Cek Daftar Bantuan Sosial Yang Cair September 2021

Memasuki bulan September 2021 pemerintah terus mengelontorkan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat. Bagi masyarakat yang membutuhkan ini menjadi kabar baik.

Bantuan ini bertujuan agar bisa mengurangi beban ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Pada masa PPKM, pemerintah memperbanyak anggaran melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang awalnya sekitar Rp 699 triliun menjadi sekitar Rp 744 triliun.

Beberapa bantuan sosial yang akan dicairkan pemerintah pada bulan September 2021:

Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Pemerintah masih memberikan BLT gaji (BSU) kepada pekerja dengan gaji maksimal Rp 3,5 juta. Untuk penyalurannya dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Cek Daftar Penerima BLT Subsidi Gaji Disini

Pemerintah menargetkan kepada 8 juta pekerja sebagai penerima BLT gaji. Namun, ada beberapa kriteria agar pekerja layak mendapat BSU diantaranya menjadi anggota aktif dalam data BPJS Ketenagakerjaan.

Pekerja yang mendapat bantuan ini adalah pekerja yang masih terdaftar sebagai peserta BPJS Naker sampai Juni 2021.

Program Keluarga Harapan (PKH)

Program PKH kembali cair pada September 2021 ini. Bantuan uang tunai dan sembako menargetkan ibu hamil hingga anak sekolah. Nominal bantuan yang diberikan akan berbeda karena disesuaikan dengan anggota keluarga penerima.

Cek Mendapatkan Bantuan PKH Disini

Untuk ibu hamil/balita diberikan bantuan sebesar Rp 3 juta per tahun. KPM yang memiliki anak disabilitas/lansia menerima bantuan sebesar Rp 2,4 juta per tahun, yang memiliki anak SD diberikan bantuan Rp900 ribu per tahun, anak SMP sebesar Rp 1,5 juta per tahun, dan untuk anak SMA sebesar Rp 2 juta per tahun.

Bantuan Sosial Tunai (BST)

Pemerintah rencananya akan memberikan bantuan tunai sebesar Rp300 ribu per penerima dengan target 10 juta penerima. Penyaluran BST ini melalui kantor PT Pos Indonesia (Persero).

Cek Mendapatkan Bantuan BST Disini

Diskon listrik

Pemerintah kembali memberikan diskon listrik pada September 2021 diperpanjang hingga Desember 2021. Awalnya, diskon berlaku hingga akhir bulan September 2021.

Cek Mendapatkan Diskon listrik Disini

Stimulus ini diberikan hingga akhir tahun dengan target 32,6 juta pelanggan PT PLN (Persero). Untuk pelanggan 450 VA akan diberikan diskon 50 persen dari tagihan, sedangkan pelanggan 900 VA diberikan diskon 25 persen dari tagihan.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Pemerintah akan menyalurkan bantuan ini untuk diberikan kepada penerima sebesar Rp200 ribu per bulan dengan target 18,8 juta penerima. Dana itu disalurkan dalam bentuk akun elektronik.

Cek Mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai Disini

Dana tersebut bisa dipergunakan untuk membeli sembako di pedagang sembako atau e-warong yang telah bekerja sama dengan bank.