Cara Mudah Mendapatkan Bantuan Sosial dari Kemensos 2021

Cara Mudah Mendapatkan Bantuan Sosial dari Kemensos 2021

Bantuan sosial melalui Kemensos ini adalah sebagai bukti bahwa pemerintah selalu hadir dan terus membantu masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19, selain itu bansos ini juga untuk menjaga daya beli masyarakat pada masa PPKM mulai diberlakukan di bulan Juli 2021.

Kemensos dengan terobosan terbarunya dalam aplikasi Cek Bansos dengan adanya fitur Usul dan Sanggah. Hal ini sebagai salah satu upaya Kemensos untuk pemutakhiran data penerima bantuan, baik itu Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan Program Bantuan Harapan (PKH).

Fitur terbaru dari aplikasi ini untuk menyelesaikan persoalan dalam penyaluran bantuan yang belum merata, seperti orang yang harusnya berhak menerima bantuan tapi malah tidak menerima dan juga sebaliknya.

Bantuan sosial yang disalurkan Kemensos dalam bentuk sembako untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah terdaftar di data terpadu cekbansos.kemensos.go.id.

Untuk keluarga yang masuk kategori penerima bantuan tapi, belum mendapatkan bansos dari Kemensos dapat mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan sembako.

Cara Daftar atau Pengajuan Menjadi Penerima Bantuan Sembako BPNT Rp400 ribu:

Unduh aplikasi Cek Bansos, kemudian buat akun baru. Lalu “login” dengan menggunakan user ID yang sudah diverifikasi. Setelah itu, masuk menu Tanggapan Kelayakan. Lalu, pilih menu Usul. Kemudian, lengkapi data usulan untuk mendapatkan bansos sembako BPNT sebesar Rp400 ribu.

pemilik akun selain bisa mendaftarkan diri sendiri, bisa juga mendaftarkan orang lain, atau fakir miskin lewat menu Daftar Usulan sebagai penerima bantuan Kemensos.

Untuk mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai Penerima Bantuan Sembako BPNT Rp400 ribu, bisa langsung cek Nama Anda di [Sini]

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan bansos, tapi masuk dalam kategori layak sebagai penerima bantuan juga bisa memanfaatkan menu Usul yang disediakan Kemensos.

Selain untuk mendaftarkan diri sebagai penerima bansos. Kemensos juga menyediakan fitur Sanggah untuk masyarakat bila menemukan penerima bansos yang tidak memenuhi syarat sebagai penerima bantuan. Disamping itu, masyarakat dapat menyampaikan aduan atau keluhan tentang penyaluran bansos melalui Cek Bansos ini.