Cek Penerima Bantuan Perlindungan Sosial dari kemensos

Cek Penerima Bantuan Perlindungan Sosial dari Kemensos

Pemerintah memberikan bantuan perlindungan sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Program bantuan ini terdiri dari Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Kartu Sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), dan tambahan beras sebanyak 10 Kg.

Bantuan tersebut akan dialokasikan kepada masyarakat yang sudah terdata sebagai dalam Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS). Untuk mengecek secara online data penerima bantuan perlindungan sosial bisa mengunjungi cekbansos.kemensos.go.id.

Bantuan ini diberikan karena adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai wilayah. Program bantuan beras 10 kilogram yang ditargetkan mencapai 28,8 juta keluarga telah seluruhnya tersalurkan.

Cara Cek Penerima Bantuan:

  1. Buka laman laman cek https://cekbansos.kemensos.go.id
  2. Kemudian masukkan alamat: Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan
  3. Setelah itu, ketik nama lengkap sesuai KTP
  4. Lalu masukkan kode verifikasi pada kolom
  5. Jika tidak jelas kode verifikasi, klik icon ‘reload’ untuk mendapatkan kode verifikasi baru
  6. Kemudian tekan tombol “cari” data

Kemudian akan tampil keterangan identitas penerima, alamat penerima, dan periode bansos. Data pencarian akan menyamakan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan data yang ada dalam database Kemensos.

Penyaluran dari bantuan ini terlah berjalan mulai dari bulan Juli hingga Septermber 2021. Untuk pencairannya dipercepat melalui Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA).

Cara Mencairkan Bantuan:

Persyaratan dokumen yang harus disiapkan oleh penerima bantuan yaitu: KTP, KK, Surat keterangan atau undangan.

Pada surat keterangan terdapat barcode dan sebagai bukti penerima bantuan informasi penerima bantuan. Surat keterangan tersebut biasanya diperoleh dari ketua RT setempat untuk dibawa ke kantor pos terdekat.

Penerima bantuan yang ingin mencairkan dana bantuan harus menunjukan dokumen diri seperti KTP, KK, dan surat keterangan dari ketua RT kepada petugas.

Petugas akan melakukan scanning pada barcode yang tertera pada surat undangan, selanjutnya dana bantuan akan langsung diberikan kepada penerima bantuan. Petugas akan memfoto penerima bantuan lengkap bersama dokumen pribadinya. Sebagai bukti yang bersangkutan sudah menerima bansos dan mencairkan dana bantuan tersebut.

Penerima bantuan akan mendapatkan dana bantuan secara utuh dan dalam proses pencairannya juga gratis.