Link BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Link BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Pemerintah akan kembali menyalurkan program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau sering disebut BLT UMKM 2021 Tahap 3 sebesar Rp 1,2 Juta. Tujuan bantuan UMKM 2021 tahap 3 dari pemerintah ini untuk membantu meringankan beban masyarakat yang tengah dilanda pandemi covid-19.

Bantuan ini akan disalurkan kepada para pelaku usaha UMKM agar tetap produktif dimasa pandemi COVID-19. Penerima BPUM harus melakukan reservasi kembali dari awal ketika jadwal telah lewat. Bantuan ini akan disalurkan kepada 3 juta pelaku UMKM

Bagi para pelaku usaha mikro dan kecil yang sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan BLT UMKM Rp 1,2 Juta untuk segera mengecek https://eform.bri.co.id/bpum. Untuk memastikan bisa mendapat bantuan UMKM atau tidak. Bansos UMKM 2021 tahap 3 ini adalah kelanjutan dari program bantuan presiden tahun 2020.

Proses pendaftaran untuk BLT UMKM tahap 3 ini sudah dimulai. Pemerintah pada tahun ini menyediakaan kuota sebanyak 12,8 juta untuk pelaku UMKM sebagai penerima BLT UMKM.

Cara Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta di BRI:

  1. Buka laman https://eform.bri.co.id/bpum
  2. Masukan 16 Digit no KTP dan kode verifikasi
  3. Lalu klik Proses Inquiry untuk mengetahui mendapat bantuan UMKM atau tidak

Kemudian akan muncul keterangan apakah terdaftar sebagai penerima BPUM atau tidak. Apabila bukan penerima BPUM, maka akan keluar tulisan: “Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.” Pelaku usaha selain bisa mengecek online, juga akan mendapatkan informasi lewat SMS oleh bank penyalur.

pelaku UMKM yang menerima bantuan BLT UMKM Rp 1,2 Juta ini dapat mencairkan dana bantuan setelah mendapat SMS atau telepon dari bank penyalur atau PT Pos Indonesia. Penerima bantuan usaha ini dapat segera melakukan verifikasi di bank penyalur yang telah ditunjuk oleh pemerintah agar bantuan bisa segera dicairkan.

Bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang menerima bantuan tapi belum memiliki rekening di bank penyalur, dapat membuka rekening terlebih dahulu di bank penyalur ketika verifikasi.

Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) adalah dana hibah yang tidak perlu dikembalikan seperti pinjaman atau kredit. Pada saat verifikasi dan pencairan, penerima bantuan usaha ini tidak akan dipungut biaya seperpun.