8 Tips Mudah Merawat Mobil yang Baik dan Benar

8 Tips Mudah Merawat Mobil yang Baik dan Benar

8 Tips Mudah Merawat Mobil yang Baik dan Benar, Memiliki kendaraan peribadi menjadi impian setiap orang. Selain untuk menunjang aktifitas sehari-hari, mobil juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Ketika sudah memiliki sebuah mobil, ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu merawat mobil dengan tepat agar kondisi mobil selalu dalam keadaan baik sehingga bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Pada umumnya, sebagian besar pemilik mobil hanya bisa memakainya dan kurang memperhatikan dalam hal perawatan. Ketika mobil mengalami kerusakan, sudah bisa dipastikan akan membingungkan dan tidak bisa melakukan apa-apa. Untuk memperbaiki Pemilik mobil akan membawakan mobilnya ke bengkel.

Jika perawatan mobil dilakukan secara rutin oleh pemiliknya, kemungkinan besar mobil tidak akan cepat rusak.

Baca Juga : 6 Penyebab Utama Aki Mobil Sering Tekor

Ada Beberapa Tips Mudah Merawat Mobil Dengan Baik dan Benar

Rutin Mengganti Oli Mobil

Pemilik harus selalu mengecek volume oli agar tidak kekurangan atau kelebihan. Jika mesin kekurangan oli bisa menghasilkan suara dari dalam mesin yang dihasilkan dari hasil. Sedangkan, jika oli terlalu banyak bisa menghasilkan gelembung udara.

Untuk mengeceknya pun sangat mudah dengan menggunakan stik pengukur volume oli yang ada pada bagian mesin. Volume oli sesuai dengan rekomendasi dari pabrik.

Selain itu, biasakan mengganti pelumas mobil/oli secara rutin . Caranya dengan melihat catatan pada log book service kapan oli terakhir diganti. Kebanyakan oli mobil harus diganti setiap 5000-7500 km jarak tempuh mobil atau maksimal 6 bulan sekali.

Radiator Udara

Merawat kendaraan berikutnya adalah selalu memperhatikan air radiator, karena komponen ini menjadi salah satu perangkat vital untuk menunjang performa mobil. Cara paling mudah dengan mengecek ketinggian air radiator di tangki cadangan.

Baca Juga : 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Beresiko Overheat

Akibat dari kekurangan cairan bisa menyebabkan mesin menjadi terlalu panas bahkan bisa lebih parah. Itulah perlunya memeriksa radiator secara rutin agar dapat mendinginkan mesin dengan sempurna.

Bahan Bakar Yang Tepat

Tips berikutnya menggunakan bahan bakar harus tepat karena setiap mobil memiliki spesifikasi mesin yang berbeda karena mempengaruhi kinerja mesin. Menggunakan bahan bakar yang salah dapat menimbulkan kerusakan pada mesin.

Perhatikan Transmisi Mobil

Merawat mobil selanjutnya dalam hal pemilihan dan perhatian pada transmisi mobil . Jika salah memperhatikan dalam penanganan transmisi baik manual atau otomatis, dapat merusak transmisi mobil.

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet

penghapus udara

Tips merawat selanjutnya mungkin terdengar sepele yaitu memeriksa volume air wiper di dalam tangki cadangan. Apalagi ketika tiba musim penghujan, karena kaca bisa menjadi lebih kotor dari biasanya yang disebabkan oleh hujan. ketersediaan air pada tabung reservoir wiper cukup penting untuk membantu membersihkannya.

Volume Minyak Rem

Salah satu tips merawat mobil adalah memeriksa minyak rem , sebaiknya ketinggian minyak rem selalu berada pada batas maksimum. Namun, jika minyak rem berkurang atau ada di bawah batas terendah sebaiknya ditambah agar kinerja pengereman tetap optimal. Gunakan selalu minyak rem dengan spesifikasi DOT yang sama.

Kondisi Larangan

Memeriksa kondisi fisik jangan sampai terlewatkan, pastikan tekanan angin sesuai standar dan alur juga ketebalan masih bagus.

Stabilitas kendaraan bisa dipengaruhi oleh kondisi larangan ketika melintasi jalan yang masih basah atau dalam kondisi hujan. Juga, ketika karet pelapis pelek sudah jelek atau aus bisa terjatuh mobil.

Baca Juga : 7 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Yang Harus Diketahui

Cek Aki Mobil

Tips merawat mobil berikutnya adalah mengecek aki mobil . Komponen ini bekerja sebagai sumber kelistrikan pada mobil, seperti mesin, lampu, juga perangkat audio.

Jika menggunakan aki mobil basah, pemilik mobil memiliki rekomendasi yang tinggi untuk mengecek aki mobil minimal 1 bulan sekali.

Jika air aki berkurang, sebaiknya ditambah agar tidak tekor dan menjadi masalah ketika mobil digunakan. Hal ini bertujuan agar aki mobil menjadi awet.

Cuci Mobil

Cuci mobil minimal seminggu sekali untuk menghilangkan noda yang menempel pada bodi mobil. Selain itu, mobil akan terlihat bersih dan koncong.

Jika mobil jarang dapat membuat mobil menjadi kusam dan noda yang menempel akan semakin sulit dibersihkan.

Disarankan, memakai sabun khusus ketika mencuci dan menggunakan lap halus agar tidak ada goresan halus pada bodi mobil. Setelah bersih, jangan lupa untuk menggunakan cover mobil.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corolla Cross

lakukan Layanan Rutin

Merawat mobil dengan membawa ke bengkel terpercaya untuk melakukan servis rutin atau berkala agar kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

Mulai dari cek aki, air radiator, ganti oli dan masih banyak lagi. Bertanyalah pada pihak servis bagaimana cara perawatan mobil yang tepat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:Cara Merawat Mobil - Bagaimana Cara Merawat Mobil - Tips Merawat Mobil - Merawat Mobil Yang Benar - Merawat Mobil Yang Baik Dan Benar - Merawat Mobil Yang Baik - Cara Mudah Merawat Mobil - Cara Merawat Mobil Yang Benar- Cara Merawat Mobil Yang Baik - Tips Mudah Merawat Mobil -