Keuntungan Dari Pengajuan Kredit Mobil Syariah

Keuntungan Dari Pengajuan Kredit Mobil Syariah

kredit kendaraan berbasis syariah saat ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu, keuntungan dari pengajuan kredit mobil Syariah ialah memberikan kredit mobil kredit tanpa DP dan bunga dan proses transaksi tanpa riba.

Kredit Mobil Syariah Memberikan Banyak Keuntungan:

Cicilan tetap

salah satu keuntungan dari kredit mobil syariah adalah memberikan cicilan tetap. Keuntungan atau margin perusahaan yang mengenakan sistem flat atau tetap. Sehingga, apabila suku bunga bank konvensional mengalami kenaikan, cicilan kredit tidak akan terpengaruh karena akan tetap sama seperti pada akad pernjajian.

Baca Juga : Daftar Bank Penyedia Kredit Mobil Syariah Terbaik dan Terpercaya

Tidak ada suku bunga

Biasanya pada kredit mobil konvensional akjan dikenakan bunga untuk cicilannya, tapi tidak berlaku pada kredit mobil syariah. Ini disebabkan suku bunga termasuk riba dan tidak dianjurkan dalam syariat Islam. Sebagai keuntungan perusahaan yang diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual yang telah disepakati sebelumnya.

Tidak ada biaya denda

Penyedia kredit mobil syariah tidak ada denda apabila nasabah mengalami keterlambatan pembayaran pembayaran. Sebagai solusi, jumlah yang diperlukan untuk membayar sejumlah uang jika terjadi keterlambatan untuk ke lembaga sosial.

Keuntungan Kredit Mobil Syariah

Alokasi dana untuk hal positif

Dalam kredit ini, nasabah tidak akan dikenakan bunga untuk cicilan kreditnya. Akan tetapi tetap diharuskan untuk membayar uang denda dari keterlambatan membayar. Perusahaan akan menggunakan biaya denda tersebut untuk dialokasikan pada hal-hal positif, seperti lembaga sosial. Sehingga denda tersebut bukan untuk keuntungan perusahaan .

Baca Juga : Perbedaan Kredit Mobil Syariah dan Konvensional

Sumber dana dijamin halal

Sumber pembiayaan kredit ini berasal dari bank syariah. Supaya ada jaminan dana yang digunakan untuk membeli mobil dipastikan berasal dari dana halal. Dengan harapan kendaraan tersebut bisa memberikan manfaat dan berkah bagi penggunanya.

Syarat Kredit Mobil Syariah

Untuk mengajukan kredit mobil berbasis syariah ini, Persyaratannya sangat mudah. Ada beberapa persyaratan dan dokumen yang harus dilengkapi terlebih dahulu. Diantaranya:

  1. FC KTP atau identitas diri
  2. Slip gaji untuk pekerja, rekening koran 3 bulan terakhir sebagai bukti memiliki penghasilan tetap
  3. SIM A
  4. Surat Keterangan Usaha untuk yang memiliki usaha

Selain itu, persyaratan utama tadi ada beberapa persyaratan tambahan bagi yang ingin mengajukan kredit mobil tanpa riba. Seperti FC surat nikah, batas usia, Surat Keterangan dari tempat kerja jika diperlukan.

Baca Juga : Kredit Mobil ke Bank Atau Leasing, Pilih Mana?

Cara Kredit Mobil Syariah

Kredit kendaraan syariah menggunakan akad murabahah. Klien akan dibiayai untuk membeli mobil yang diinginkan, tetapi dengan menambahkan margin untuk keuntungan perusahaan. Sebagai, nasabah akan mengembalikan dana dengan cara diangsur sesuai tenor yang telah disepakati sebelumnya. Untuk pengajuan kredit mobil , bisa datang langsung ke bank syariah atau lembaga keuangan syariah lainnya, dengan membawa persyaratan dokumen yang telah ditentukan.

Pengajuan Kredit Mobil Syariah

Ada Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Syariah Tanpa DP

Teliti lembaga penyedia kredit

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah terlebih dahulu sesuai dengan penyedia kredit. Banyak lembaga keuangan menawarkan program kredit kendaraan syariah, tetapi lembaga yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan terpercaya. Agar ada jaminan keamanan dalam bertransaksi sehingga tidak merugikan nasabah.

Baca Juga : Daftar Leasing Mobil Paling Murah dan Terpercaya

Pastikan kelengkapan dokumen

Perhatikan kelengkapan dokumen kendaraan. Hal ini untuk memastikan kendaraan memiliki surat-surat yang lengkap, seperti BPKB, STNK dan juga layanan buku. Sehingga bisa mengetahui jejak jejak tersebut agar terhindar dari kendaraan ilegal.

Menentukan anggaran dan kebutuhan

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah menentukan anggaran, agar kredit tidak mengganggu kestabilan keuangan.

Perhatikan kondisi mobil yang akan kredit

Memeriksa kondisi kendaraan secara keseluruhan baik itu interior dan eksteriornya , walaupun dilakukan di lembaga keuangan syariah agar dapat dipastikan kendaraan tersebut dalam kondisi bagus dan semua fitur bekerja dengan baik.