Perbedaan Kredit Mobil Syariah dan Konvensional Yang Harus Diketahui

Perbedaan Kredit Mobil Syariah dan Konvensional Yang Harus Diketahui

Sekarang transaksi berbasis syariah semakin populer, transaksi berbasis syariah ini juga membidik pembiayaan di sektor kendaraan dengan nama kredit mobil syariah . Kredit jenis ini menawarkan proses transaksi tanpa riba sehingga lebih aman dan halal. Salah satu perbedaan kredit mobil syariah dan konvensional yaitu kredit mobil syariah menawarkan  kredit mobil tanpa DP, baik untuk mobil baru atau bekas. Sehingga kredit mobil bekas berbasis syariah diminati di hampir seluruh kota di Indonesia.

Untuk mengetahui lebih jelas apa itu kredit mobil berbasis syariah, simak ulasan singkat berikut ini:

Baca Juga : Keuntungan Dari Pengajuan Kredit Mobil Syariah

Pengertian Kredit Mobil Syariah

Kredit mobil syariah adalah membeli mobil dengan cara non tunai tapi tidak boleh bertentangan dengan syariat ajaran Islam. Konsep kredit syariah ini tidak dikenakan bunga setiap ada pembelian dan cicilan mobil, sehingga terhindar dari perbuatan riba.

Pada prinsipnya kredit berbasis syariah ini adalah penyedia jasa akan membelikan kebutuhan pelanggan terlebih dahulu dan menjualnya kembali kepada pelanggan dengan keuntungan yang telah disepakati. Dalam transaksi ini perusahaan tidak menggunakan sistem bunga, tapi berupa margin keuntungan yang telah disepakati sebelumnya dan bersifat tetap selama masa tenor. Semua transaksi dalam akad jual beli lebih transparan.

Perbedaan Kredit Mobil Syariah dan Konvensional

Animo masyarakat akan kredit mobil terbilang cukup tinggi. terkadang berpikir untuk memiliki kendaraan pribadi agar dapat mendukung kegiatan mobilitasnya yang tinggi sehingga lebih efisien. Pada dasarnya ada 2 jenis kredit mobil yang dapat ditemukan di Indonesia yaitu kredit mobil syariah dan konvensional.

Baca Juga : Daftar Bank Penyedia Kredit Mobil Syariah Terbaik dan Terpercaya

Sumber pendanaan

Kredit mobil konvensional sumber dana yang berasal dari bank konvensional atau lembaga keuangan konvensional. Sementara sumber dana kredit mobil syariah berasal dari bank syariah. Kedua kredit mobil tersebut merupakan produk unggulan dari masing-masing bank.

Dasar Transaksi

Kredit mobil konvensional pada prinsipnya menggunakan transaksi pinjam meminjam uang, sehingga nasabah akan dibebankan dengan suku bunga. Pada kredit mobil tanpa riba menggunakan prinsip transaksi jual beli barang, keuntungan perusahaan diperoleh berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Jenis usaha konsumen dan tujuan penggunaan kendaraan

Tujuan penggunaan kendaraan dan usaha, pada kredit kendaraan syariah tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah dan peraturan perundangan yang berlaku. Sedangkan pada kredit mobil konvensional, jenis usaha dan tujuan penggunaan kendaraan masih diperbolehkan asalkan tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

Baca Juga : Cara Mudah Memilih Asuransi Mobil Terbaik

hubungan perusahaan pembiayaan dan konsumen

Pada kredit mobil syariah hubungan perusahaan pembiayaan dan konsumen adalah penjual dan pembeli. Sementara hubungan perusahaan pembiayaan dan konsumen pada kredit mobil konvensional adalah kreditur dan debitur. Dibandingkan dengan kredit konvensional, maka kredit mobil syariah akan lebih transparan ketika akad.

Keuntungan

Keuntungan perusahaan, dalam kredit mobil syariah adalah berupa margin yang sudah dikesepakati bersama dan dimasukkan sebelumnya ke dalam harga jual. Sedangkan keuntungan pada kredit konvensional yang diperoleh dari biaya pokok ditambah bunga dari konsumen.

Baca Juga : Manfaat dan Keuntungan dari Asuransi Mobil Sinarmas

Asuransi

Asuransi mobil Pada kredit mobil syariah, menerapkan sistem berbasis syariah dengan berbagai manfaat dan konsep tolong menolong atau berbagi risiko. Sedangkan kredit konvensional menerapkan asuransi dengan konsep transfer risk.

Setelah mengetahui penjelasan singkat tentang kredit mobil syariah dan perbedaan dengan kredit mobil konvensional. Untuk Anda yang kebetulan ingin memilik mobil dengan cara kredit ini bisa menjadi bahan pertimbangan.