4 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Beresiko Overheat

4 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Beresiko Overheat

Radiator adalah salah satu komponen penting sebuah kendaraan, sehingga untuk menghindari adanya kebocoran harus melakukan perawatan secara rutin. Salah satu penyebab radiator mobil bocor hingga beresiko overheat karena tidak dirawat dengan baik. Fungsi Radiator Mobil adalah sebagai pengatur suhu mesin agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Jika suhu mesin terlalu panas bisa mengakibatkan panas berlebih , sebaliknya jika suhu terlalu panas di mesin akan sulit dilakukan. Fungsi lainnya untuk mengatur cairan freon pada AC mobil.

Radiator mengalami kerusakan atau sekedar bocor pada bagian tertentu. Biasanya, pemilik kendaraan tidak mengetahui penyebab dari radiator Rusak atau Bocor.

4 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Beresiko Overheat

Radiator Sudah Berumur

Penyebab radiator mobil bocor karena setiap komponen mobil memiliki umur ekonomis masing-masing. Untuk radiator biasanya berkisar 5 tahun, diatas umur ekonomis itu tidak heran jika dinding radiator mulai terkikis secara perlahan. Sehingga dapat mengakibatkan keretakan dan kebocoran pada bagian radiator.

Baca Juga : 8 Cara Mudah Merawat Radiator Mobil

Saluran Keluaran Tersumbat

Jika pemilik kendaraan sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membersihkan radiator secara rutin, maka debu dan kotoran akan menumpuk seperti tumpukan lumpur di dalam radiator. Karena radiator mobil rentan terhadap debu dan kotoran yang dikuatkan bisa menghambat distribusi saluran udara radiator ke bagian mesin mobil.

Karena jalur distribusi udara radiator yang tersumbat dapat mengakibatkan merembes udara ke komponen lainnya, pecahnya kepala radiator, meledaknya radiator. Disarankan untuk selalu mengecek kondisi radiator setiap 30.000 km atau 40.000 km secara rutin. Agar kondisi radiator tetap prima dan maksimal kinerjanya.

Terkena Benda Asing

Komponen yang dipasang di depan mesin dengan grill atau kisi-kisi yang terbuka agar dapat menangkap udara segar. Sehingga membuat radiator sangat berisiko terkena batuan kerikil. Ketika batuan dan kerikil terlempar ke bagian kisi-kisi atau dinding radiator tidak mungkin dapat memicu kebocoran.

Komponen Karet/Plastik Getas

Fungsi dari radiator untuk mengatur suhu panas mesin sehingga komponen pendukungnya bisa merasakan kegetasan, Seperti tabung reservoir yang terbuat dari plastik dan selang radiator terbuat dari karet. Jika tabung dari plastik terus menerus terkena panas bisa memicu keretakan dan terjadi kebocoran pada sistem radiator.

lakukan perawatan secara rutin agar dapat menghindari kebocoran radiator pada mobil.