Tips Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Tips Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

AC adalah salah satu bagian interior penting yang wajib ada di setiap mobil. Salah satunya fungsi AC didalam mobil untuk menyejukkan ruangan di dalam mobil. Apalagi kondisi lalu lintas di kota-kota besar seperti Jakarta yang selalu macet membuat AC menjadi sangat dibutuhkan. Selain untuk memberi udara sejuk didalam mobil, AC mobil juga berfungsi untuk menghilangkan kabut di kaca depan mobil ketika dalam kondisi hujan. Karena peranan AC sangat penting, maka ada cara mudah merawat AC mobil agar tetap dingin dan awet.

Seiring waktu ketika AC terlalu sering dipakai bisa membuat kinerjanya jadi tidak maksimal. Hampir sebagian pemilik kendaraan pernah mengalami AC yang bermasalah seperti tidak dingin. Hal tersebut, bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Baca Juga : 7 Penyebab Utama Aki Mobil Sering Tekor

Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Periksa kebocoran pada selang atau pipa AC

Periksa selang atau pipa AC karena usia pemakaian part bisa menyebabkan kebocoran. Jika terjadi kebocoran pada selang atau pipa AC dapat membuat freon lebih cepat atau berkurang melalui lubang-lubang tersebut.

Cek kondisi evaporator dan kondensor

Evaporator dan kondensor bisa rusak terkena benda dan kotoran atau karena usia pemakaian part.

Periksa kondisi kompresor

Pastikan putaran pada berputar berputar dengan kencang. jika terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin terletak disekitar kompresor AC, ada kemungkinan kerusakan pada komponen kompresor. pastikan sebelum mengambil keputusan untuk menambah freon AC, apakah AC mobil tidak mengalami kebocoran, kerusakan atau tidak.

Baca Juga : 5 Manfaat Cover Mobil Yang Harus Terlihat

Berikut tips mudah merawat AC mobil agar tetap dingin:

Menjaga kebersihan kabin mobil

Pastikan kabin mobil selalu bersih dari debu dan kotoran, agar kebersihan AC mobil tetap terjaga sehingga udara yang dihasilkan tetap sejuk dan dingin .

Jangan menyimpan pengharum mobil di dekat AC

ditinggalkan parfum atau pengharum mobil sangat dekat dengan AC mobil. Dengan tujuan agar bau harum akan lebih cepat menyebar ke seluruh bagian kabin mobil adalah tindakan yang kurang tepat.

Baca Juga : 7 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Yang Harus Diketahui

Perlu diketahui pengharum mobil terdapat kandungan bahan kimia yang bisa masuk ke dalam evaporator. kandungan atau bahan pengharum mobil yang mengandung minyak jika terlalu lama dapat menyebabkan timbulnya kuman, jamur atau bakteri.

Tips Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet2

berhentilah merokok ketika kondisi AC mobil menyala

Asap rokok akan terhisap ke dalam blower dan bisa ditempel di evaporator. Akhirnya akan membuat evaporator menjadi kotor dengan cepat dan mengganggu kinerja evaporator tersebut. Disarankan jika ingin merokok di dalam mobil agar membuka kaca agar asap rokok tidak menempel di kabin mobil dan jangan lupa matikan AC mobil.

Baca Juga : Tips Membeli Kaliper Mobil Agar Tidak Salah Pilih

Bersihkan filter kabin

Selalu Disarankan Merawat Dan membersihkan penyaring kabin Beroperasi Berkala. Jika ada sesuatu yang aneh terjadi pada AC mobil atau kinerja AC mobil dirasa kurang optimal, segera lakukan servis ke bengkel spesialis AC agar kerusakan pada komponen tidak semakin parah.

Bersihkan Kondensor AC Mobil

Jangan lupa untuk membersihkan kondensor saat mencuci mobil, agar kondisi kondensor tetap bersih sehingga membuat hembusan AC mobil menjadi cepat dingin. Karena jika tidak dibersihkan, debu dan kotoran yang menempel pada kondensor bisa mengakibatkan korosi atau kebocoran AC.

Baca Juga : 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Beresiko Overheat

Lakukan Servis Berkala Pada AC mobil

melakukan pengecekan atau servis pada AC mobil secara berkala dengan membawa ke bengkel atau dealer-dealer resmi. Dengan melakukan servis secara teratur dan melakukan perawatan yang benar akan membuat AC mobil bekerja secara normal dan menjadi lebih awet .

Sebenarnya, menjaga AC mobil agar tetap dingin dan tidak bau apek sangat mudah. Jaga selalu kebersihan di kabin mobil.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:Bagaimana AC Mobil Tetap Dingin - Cara Mudah AC Mobil Tetap Dingin- Cara Mudah Merawat AC Mobil - Merawat AC Mobil - Tips AC Mobil Tetap Dingin - Tips Merawat AC Mobil -