7 Penyebab Utama Aki Mobil Sering Tekor

7 Penyebab Utama Aki Mobil Sering Tekor

Aki adalah peranti yang sangat penting dan berfungsi sebagai sumber kelistrikan untuk seluruh perangkat pada mobil, seperti mesin, lampu, perangkat audio, ataupun AC. Sebagian besar pemilik mobil pernah mengalami kendala tiba-tiba mobil sulit dinyalakan. Ada beberapa penyebab aki mobil sering tekor, diantaranya bisa terjadi jika jarang atau tidak pernah pernah mengecek kondisi aki mobil, akhirnya aki menjadi tekor atau lemah.

Aki mobil rusak, akan mempengaruhi kenyamanan berkendara dan bagian lainnya tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Sebagai pemilik mobil wajib untuk menjaga kondisi aki agar tidak bermasalah atau tekor (lemah).

7 Penyebab Utama Aki Mobil Sering Tekor

Terlalu lama parkir digarasi

Mobil yang jarang digunakan dalam waktu lama salah satu penyebab aki mobil sering tekor, apalagi tidak pernah dinyalakan maka dapat mengakibatkan aki tidak mendapat suplai suplai listrik yang memadai dan kapasitas aki kurang optimal.

Baca Juga : 17 Merek Aki Mobil Terbaik, Awet dan Murah

Disarankan untuk melepas terminal terlebih dahulu sebelum mobil jarang dipakai atau terlalu lama parkir di garasi.

Air aki habis

Salah satu kelebihan menggunakan aki mobil tipe basah adalah perawatannya lebih mudah dan bisa diisi ulang sehingga masa pakainya lebih lama. Tidak jarang pemilik mobil lupa melakukan pengecekan, sehingga menyebabkan air aki menjadi berkurang bahkan habis yang mengakibatkan aki tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Jika dibiarkan maka aki bisa tekor.

Disarankan pemilik mobil selalu mengecek air aki sebelum.

Modifikasi berlebihan

Memmodifikasi mobil salah satu hobi yang menyenangkan, tapi tanpa disadari ketika melakukan modifikasi dengan menambahkan sistem audio jarang memperhatikan kapasitas aki mobil. Sistem audio membutuhkan daya listrik yang cukup besar dan jika dibiarkan terlalu lama aki tersebut tidak bertahan lama.

Disarankan sebelum disesuaikan dengan kapasitas aki yang digunakan agar tidak merusak aki mobil sering tekor .

Kapasitas aki mobil kecil

Disarankan ketika mencari aki mobil jangan asal memilih, pastikan terlebih dahulu kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan kelistrikan mobil yang dimiliki. Jika kapasitas aki yang digunakan terlalu kecil dapat menyebabkan suplai dan usia pakai aki akan cepat turun.

Alternator rusak

Alternator atau lebih familiernya disebut dynamo ampere berfungsi sebagai generator yang menghasilkan arus listrik bolak-balik (Alternating Current) dan sekaligus mengubahnya menjadi arus satu arah (Direct Current). Komponen ini menjadi pembangkit energi listrik yang dihasilkan ke aki.

Baca Juga : Penyebab Radiator Mobil Bocor, Beresiko Overheat

Jika dinamo ampere ini telah aus maka arus listrik yang dihasilkan tidak stabil. Hal ini jika dibiarkan akan berdampak pada aki.

Umur aki normal

Sekarang tersedia dua pilihan aki mobil yaitu aki basah maupun aki kering. biasanya pabrikan mobil memberikan garansi selama 2 tahun atau 50 ribu km. Jika dalam masa garansi aki mobil tersebut mengalami tekor atau rendam maka akan diganti baru secara gratis oleh dealer resmi. Untuk usia aki standar bawaan mobil biasanya dua tahun.

pemilik mobil bisa merawat aki mobil dengan baik dan benar, maka aki mobil akan bertahan lebih lama dari batas garasni yang ditentukan oleh pabrikan. maksimal penggunaan aki standarnya bisa mencapai usia tiga tahun perawatan dengan baik dan benar.

Untuk aki mobil yang dijual di toko variasi, biasanya penjual aki jenis memberi garansi selama 6 bulan-1 tahun atau 25.000km. harap menjangkau usia aki akan berbeda sesuai dengan pemakaiannya dan melihat kondisi mobil sudah ada modifikasi atau masih standar.