Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2021 Jorge Martin Tampil Impresif

Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2021, Jorge Martin Tampil Impresif

Gelaran sesi kualifikasi MotoGP Austria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring. Pole position berhasil ditempati Pebalap asal Spanyaol Jorge Martin (Pramac Racing) setelah menjadi rider tercepat dengan catatan waktu lap 1 menit 22,643 detik, Sabtu (14/8/2021).

Performa apik dipamerkan pembalap debutan Jorge Martin di kualifikasi MotoGP Austria 2021, sehingga dia berhasil memecahkan rekor putaran tercepat yang sebelumnya dimiliki oleh dirinya sendiri.

Ini menjadi kali ketiga bagi Jorge Martin menempati pole position selama musim 2021. Setelah sebelumnya pekan lalu Juara MotoGP Styria 2021 di sirkuit yang sama tampil ketar-ketir pada MotoGP Austria 2021 ini. Dengan menempati pole position Jorge Martin mempunyai peluang untuk bisa mewujudkan ambisinya menang secara beruntun di Sirkuit Red Bull Ring menjadi terbuka lebar.

Posisi berikutnya masing-masing ditempati pembalap MotoGP Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) diposisi kedua dan Francesco Bagnaia (Ducati) diposisi ketiga. Sedangkan Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) harus legowo memulai balapan diposisi ketiga dari belakang.

Jalannya kualifikasi MotoGP Austria 2021

Pada kualifikasi 1 (Q1) MotoGP Austria 2021 di lima menit pertama pembalap Jorge Martin (Pramac Racing) melesat menjadi yang tercepat dan ramaikan juga oleh pembalap unggulan seperti Alex Rins (Suzuki Ecstar), Alex Marquez (LCR Honda Castrol), hingga Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT).

Pembalap Jorge Martin catatan waktu lap 1 menit 22,643 detik dan dibuntuti oleh Alex Rins (Suzuki Ecstar) di posisi kedua. Pada detik-detik akhir di kualifikasi 1, Miguel Oliveira (Red Bull KTM) tampil mengejutkan dan berhasil menduduki posisi kedua yang sebelumnya telah ditempati Rins.

Alex Rins (Suzuki Ecstar) harus rela turun ke posisi ketiga setelah digeser oleh Miguel Oliveira (Red Bull KTM) dan Alex Marquez (LCR Honda Castrol) harus puas menduduki peringkat keempat.

Sementara Valentino Rossi berada di peringkat kedelapan sehingga harus memulai dari posisi ke-18 pada balapan MotoGP Austria tahun ini. Dengan hasil kualifikasi 1 (Q1) tersebut dua pebalap teratas yaitu Jorge Martin dan Miguel Oliveira berhak untuk melangkah ke kualifikasi 2 (Q2).

Pada Q2 MotoGP Austria, Jorge Martin dan Miguel Oliveira harus bersaing dengan pebelap unggulan seperti Marc Marquez (Repsol Honda), Johann Zarco (Pramac Racing), Jack Miller (Ducati) juga Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) sebagai pemimpin klasemen sementara.

Penampilan Miguel Oliveira cukup impresif pada percobaan pertama dengan menduduki posisi teratas, tapi sayang posisi tersebut tidak dapat bertahan lama karena posisi teratas berhasil kembali direbut kembali oleh Johann Zarco dengan penampilan yang konsisten dalam empat sesi latihan bebas.

Catatan waktu Zarco akhirnya bisa disalip oleh Fabio Quartararo sehingga dapat menduduki posisi teratas dan Jorge Martin menduduki posisi keuda dan akibatnya Zarco harus rela berada dua setrip di bawahnya.

Pada menit-menit akhir posisi Johann Zarco yang berada di peringkat ketiga kembali berhasil digeser oleh Francesco Bagnaia (Ducati). Catatan waktu Johann Zarco tidak hanya berhasil disalip oleh Francesco Bagnaia tetapi juga sukses disalip oleh Joan Mir sebagai Juara MotoGP musim 2020.

Dengan hasil tersebut posisi keempat ditempati oleh Joan Mir dan tepat diatasnya ada Bagnai di posisi ketiga, Jorge Martin di posisi kedua, dan Quartararo sebagai pemegang posisi teratas.

Pertarungan untuk memperebutkan posisi teratas pun belum usai karena pada detik-detik akhir Jorge Martin sukses merubah keadaan dengan menyalip catatan waktu Fabio Quartararo. Dengan hasil akhir tersebut Jorge Martin pun dipastikan berhak menduduki pole position dan akan memulai balapan MotoGP Austria tahun ini dari posisi terdepan, hal ini sama seperti pada seri MotoGP Styria

Berikut sepuluh posisi teratas hasil kualifikasi MotoGP Austria 2021

1. Jorge Martin (Pramac Racing) 1:22.643

2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 1:22.677

3. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) 1:23.063

4. Johann Zarco (Pramac Racing) 1:23.120

5. Marc Marquez (Repsol Honda) 1:23.227

6. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) 1:23.320

7. Joan Mir (Suzuki Ecstar) 1:23.378

8. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) 1:23.423

9. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) 1:23.499

10. Brad Binder (Red Bull KTM) 1:23.568