Kredit Mobil ke Bank Atau Leasing, Pilih Mana?

Kredit Mobil ke Bank Atau Leasing, Pilih Mana?

Memiliki mobil impian banyak orang dan untuk mewujudkannya ada banyak cara dan pilihan. Ketika Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli secara tunai, ada alternatif lain yaitu dengan cara kredit mobil ke Bank atau leasing, dengan sistem pembayaran dengan angsuran atau angsuran perbulan dan banyak orang memilih untuk memiliki mobil dengan cara kredit.

Pembelian mobil dengan cara tunai bisa dikatakan hanya sedikit, karena dengan program kredit murah dengan dp ringan untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan.

Maka semakin banyak orang yang suka menawarkan kredit daripada yang ditawarkan secara tunai ditambah sekarang ini pemerintah memberikan relaksasi pajak 50% dari PPnBM yang terutang untuk Masa Pajak Juni – Agustus 2021 dan 25% dari PPnBM yang terutang untuk Masa Pajak September – Desember 2021.

Baca Juga : Cara Mudah Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Dengan banyaknya calon konsumen untuk membeli mobil, maka ada banyak lembaga pembiayaan kredit. Mulai dari bank hingga leasing yang dapat dijadikan pilihan untuk mengajukan kredit kendaraan dengan bunga kompetitif untuk mengakomdasi keinginan konsumen.

Dengan banyaknya pilihan tersebut banyak orang bingung untuk menentukan lembaga pembiayaan mana yang harus dipilih untuk mendapatkan kredit mobil yang terbaik dengan DP ringan dan memberikan suku bunga rendah sehingga dapat menguntungkan Anda.

Lembaga pembiayaan seperti bank atau leasing memiliki konsep dan peran yang sama untuk memberikan dana talangan ketika Anda ingin membeli mobil tapi tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar secara tunai.

Nah, disini peran bank atau leasing sebagai pengaju kredit (debitur) akan membayar sebagian dari harga mobil yang Anda inginkan, dan kekurangannya secara berkala Anda bisa membayar hutang dengan cara diangsur setiap bulan.

Baca Juga : Daftar Leasing Mobil Paling Murah dan Terpercaya

Kredit Mobil ke Bank Atau Leasing

Kredit melalui Bank

sejumlah bank menawarkan produk kredit mobil, baik untuk kredit mobil baru atau kredit mobil bekas. Jika Anda memiliki rencana mengajukan kredit di bank, Anda akan mendapatkan suku bunga yang lebih dari Anda mengajukan leasing.

Hal ini akan sangat menguntungkan Anda yang menginginkan kredit mobil murah dengan DP ringan. Ketika Anda memiliki uang tunai lebih maka Anda dapat membayar pinjaman pokok dalam jangka waktu tertentu, dengan cara ini dapat membantu mengurangi beban pembayaran setiap bulannya.

Mengajukan kredit ke bank ini prosesnya bisa dibilang cukup lama dan cukup rumit, berbeda dengan Anda mengajukan kredit ke leasing.

Pihak bank harus menjalankan prinsip kehati-hatian dengan meminta Anda melengkapi semua dokumen yang telah disyaratkan oleh bank seperti slip gaji, kartu keluarga, surat keterangan domisili, dan yang lainnya.

Baca Juga : Cara Mudah Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Nah, ketika semua dokumen Anda sudah lengkap dan menyerahkan ke bank belum tentu kredit yang Anda dapat langsung diterima, karena bank akan mengirimkan perwakilannya untuk melakukan survei dan menilai calon konsumen tersebut layak atau tidak mendapatkan kredit.

Mereka tidak hanya melakukan wawancara kepada Anda namun mereka juga akan memeriksa tagihan listrik, telepon rumah, PDAM, sampai kartu kredit .

Kredit Mobil Bank Leasing

Kredit Melalui Leasing

Mengajukan kredit mobil melalui leasing lebih cepat dan mudah, karena adanya staff leasing yang akan selalu siap membantu Anda dalam proses menyiapkan dokumen sampai fasilitas jemput ke rumah Anda. Sehingga tidak jarang calon konsumen akan diperlakukan dengan istimewa.

Anda tidak perlu repot untuk mengurus semua dokumen persyaratan karena semuanya akan dikerjakan oleh petugas leasing.

Baca Juga : 5 Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Pengajuan kredit dileasing prosesnya bisa sangat cepat dan mudah, tapi Anda harus membayar suku bunga yang lebih tinggi dari bank, Selain itu Anda harus menanggung biaya provisi, fidusia, dan biaya asuransi ketika mengambil kredit di leasing.

Untuk biaya asuransi bersifat wajib karena pihak leasing menghindari risiko seperti hilang atau rusak karena kecelakaan dengan mobil yang kita miliki. Asuransi kredit mobil ada dua jenis yang ditawarkan yaitu “all risk” dan “total lost only (TLO)”. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan Anda.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Nah, sekarang sudah tahu beberapa kelebihan dan kekurangan kredit mobil melalui bank dan leasing. Diharapkan Anda lebih bijak dalam menentukan kredit mobil.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:otomotif kredit mobil-