Dampak peristiwa el nino bagi wilayah Indonesia adalah

Dampak peristiwa el nino bagi wilayah Indonesia adalah ….

A. musim hujan yang berkepanjangan

B. turunnya salju di Indonesia

C. iklim Indonesia berubah

D. musim kemarau panjang

E. musim hujan sepanjang tahun

Pembahasan

Pemanasan global berakibat pada perubahan suhu di Bumi sehingga penguapan yang terjadi juga semakin meningkat. Pemanasan global juga memicu terjadinya anomali iklim misalnya di Samudera Pasifik. Anomali iklim tersebut adalah sebagai berikut.

  • El Nino, yaitu anomali iklim yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah dan timur yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut. Peningkatan suhu permukaan laut ini akan meningkatkan kelembaban pada atmosfer yang berada di atas perairan tersebut. Setelah terjadinya pemanasan suhu yang berada di perairan pasifik bagian tengah dan timur, serta meningkatkan kelembaban di atmosfer yang ada di atasnya hal ini menyebabkan naiknya tekanan udara di Pasifik tengah dan timur. Naiknya tekanan udara di Pasifik tengah dan timur saat el nino, menyebabkan pembentukan awan yang intensif. Hal ini yang menjadikan curah hujan yang tinggi di kawasan Pasifik tengah dan timur. Sedangkan sebaliknya, di daerah Pasifik barat (termasuk wilayah Indonesia) terjadi kekeringan yang jauh dari normal. Sehingga hal ini menyebabkan el nino memberikan dampak musim kemarau yang panjang bagi wilayah Indonesia.
  • La Nina, yaitu anomali iklim yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah dan timur yang ditandai dengan turunnya suhu permukaan laut di bawah suhu normalnya dan tekanan udara menjadi rendah. Turunnya tekanan udara di Pasifik tengah dan timur saat la nina, menjadi hambatan terbentuknya awan di daerah ini, sehingga mengalami kekeringan. Sedangkan sebaliknya, di daerah Pasifik barat (termasuk wilayah Indonesia) curah hujan sangat tinggi. Dampak la nina bagi wilayah Indonesia adalah musim penghujan yang lebih lama dengan curah hujan yang tinggi serta menimbulkan banjir.

Jawaban

Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

See also Hasil pemeriksaan laboratorium, menunjukkan bahwa urine mengandung protein.fakta ini terjadi sebagai akibat gangguan fungsi