Tuliskan tiga manfaat dari diskusi

Tuliskan tiga manfaat dari diskusi ….

Pembahasan

Diskusi merupakan interaksi antara 2 orang atau lebih, dalam bentuk pengetahuan, musyawarah, ataupun ilmu tertentu yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar.
Adapun manfaat diskusi yakni sebagai berikut:

  • Menumbuhkan sikap saling menghargai. Dalam jalannya diskusi siswa disajikan dengan adanya perbedaan pendapat karena setiap siswa berhak menyampaikan pendapatnya selama proses diskusi berlangsung.
  • Menanamkan sikap demokrasi. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, tidak jarang dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan metode musyawarah mufakat. Oleh karena itu, sebelum terjun langsung dalam kehidupan bermasyarakat siswa diajarkan berdemokrasi dengan cara berdiskusi.
  • Mengembangkan daya berpikir. Dalam mengemukakan pendapat saat diskusi kelas siswa dituntut untuk mengemukakan fakta yang ada. Tidak hanya asal bicara tanpa menggunakan teori. Teori yang sudah diajarkan oleh guru apabila diimplementasikan sebagai argumen untuk menyanggah atau menyetujui materi dapat melatih siswa untuk berpikir kritis.
  • Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman. Dengan kegitan diskusi kelas siswa dapat mengembangkan pengetahuan yang sudah didapatkan menjadi penilaian terhadap suatu permasalahan yang sedang didiskusikan.
  • Belajar dalam berpendapat. Dengan adanya diskusi kelas siswa dilatih untuk menyampaikan pendapat secara baik dan benar.
  • Melatih kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara sangat dibutuhkan dalam diskusi, dapat melatih menyampaikan informasi dengan berbicara di muka umum.

See also Bangsa Portugis berhasil diusir dari Maluku oleh Sultan