Awal Mula Sejarah Balap Motor Supercross
images source : pixabay.com

Awal Mula Sejarah Balap Motor Supercross

Balap sepeda motor berevolusi segera setelah sepeda motor dijual. Namun, jenis balapan motor ini berbeda dengan kebanyakan balapan yang diadakan saat ini. Di masa lalu, balap motor seperti kebanyakan bentuk balap lainnya. Itu sering terjadi di trek datar. Balap motor pertama kali dimulai di jalan tanah. Setelah itu, paku payung tanah tersebut menjadi lintasan aspal. Di satu sisi, jika Anda memikirkannya, balap motor entah bagaimana telah kembali ke akarnya.

Balap motor telah berubah dari masa lalu, tetapi penting untuk diketahui bahwa gaya balap lama itu masih ada sampai sekarang. Secara nasional dan global, balap motor berlangsung di setiap arena balap yang berbeda. Balap flat track masih eksis sampai sekarang dan masih cukup populer. Tapi pembalap dan penggemar menginginkan lebih. Mereka menginginkan kegembiraan. Maka lahirlah balap motor supercross.

Balap motor supercross adalah balap offroad terbaik

Pembalap supercross berlomba tidak hanya di sepeda off-road tetapi juga di trek buatan. Lintasan buatan manusia ini dalam beberapa hal seperti lintasan rintangan. Kursus ini penuh dengan belokan, lompatan, dan bukit kecil untuk balapan yang mengasyikkan. Seperti kebanyakan bentuk atau balap lainnya, termasuk balap supercross, tujuannya adalah untuk mendapatkan tempat pertama. Tapi dalam balap supercross, itu tidak semudah kedengarannya. Dengan jumlah pembalap yang cukup banyak pada satu lintasan yang kasar, terkadang mencapai garis finis pun sulit.

Supercross kebanyakan diadakan di dalam ruangan

Ketika datang ke sejarah balap motor supercross, seringkali sulit untuk menentukan dengan tepat tanggal lahir. Balap supercross adalah varian dari balap motorcross. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah bahwa balapan motorcross cenderung diadakan di luar ruangan sedangkan balapan supercross kebanyakan diadakan di dalam ruangan. Pada awal 70-an, balap motorcross mulai mengambil alih dunia dan mengejutkan penggemar. Satu-satunya masalah dengan balap motorcross adalah bahwa hal itu diadakan di luar ruangan, seringkali di daerah pedesaan. Ini sangat membatasi jumlah penggemar yang dapat menikmati acara motorcross. Karena itu, sakelar dibuat di dalam ruangan.

Acara balap supercross pertama diadakan di Los Angeles Coliseum

Namun, pada saat itu tidak secara resmi dikenal sebagai Supercross Racing. Promotor ras dibandingkan. Perbandingannya adalah antara motorcross dan Superbowl. Itu sebabnya nama supercross digunakan. Supercross dan motorcross masih ada sampai sekarang. Pemisahan mudah sekarang, tetapi sulit ketika balap supercross pertama kali dikembangkan. Karena itulah nama Supercross menjadi populer dan banyak digunakan.

Balap motor supercross paling dikenal di tingkat profesional

Setelah pengembangan, tim balap dan sirkuit dikembangkan. Tim balap ini mirip dengan yang Anda lihat di NASCAR dan juga di sirkuit balap. Pembalap supercross profesional bepergian ke seluruh negeri dan cenderung berlomba di berbagai arena dalam ruangan. Selain balap motor supercross profesional, balap supercross amatir juga populer, tetapi kebanyakan di tingkat lokal.
Sebagian besar acara balap motor supercross amatir atau lokal dapat diklasifikasikan sebagai motorcross, tetapi karena diadakan di luar ruangan, banyak yang telah mengungkapkan nama balap supercross mereka.

Banyak kursus lokal diadakan di luar ruangan, tetapi ada juga kursus lokal dalam ruangan. Seperti banyak bentuk balap regional lainnya, acara balap supercross dalam ruangan ini cenderung diadakan setiap minggu atau dua minggu sekali. Jadwal balapan reguler ini sangat bagus untuk penggemar lokal yang tidak perlu khawatir ketinggalan balapan atau harus bepergian untuk mengejar olahraga favorit mereka.

Selain acara yang penuh aksi, salah satu alasan mengapa balap motor supercross begitu populer adalah karena sebagian besar acara profesional disiarkan. Balapan supercross amatir yang dijalankan secara lokal telah mendapat manfaat dari acara yang disiarkan langsung, meskipun tidak disiarkan di televisi. Seperti disebutkan sebelumnya, acara balap supercross berlangsung di seluruh negeri. Namun, itu hanya tersedia di area terbatas. Untuk alasan ini, penggemar Supercross beralih ke trek lokal untuk modifikasi balap.