5 Tips Mudah Mengecek Kondisi Mobil Bekas
images source : pixabay.com

5 Tips Mudah Mengecek Kondisi Mobil Bekas

Sejak awal, pasar mobil bekas telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Faktanya, survei menunjukkan bahwa jumlah orang yang membeli mobil bekas hampir tiga kali lipat lebih banyak daripada jumlah orang yang membeli mobil baru.

Karena itu, membeli mobil bekas secara bertahap menjadi tren, sehingga banyak orang tertarik untuk membeli mobil bekas.

Namun, tidak semua pembeli menerima begitu saja proses pemilihan mobil bekas. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan cara pemeriksaan kendaraan sebelum transaksi ditutup.

Berikut ini beberapa cara mengecek kondisi mobil bekas :

1. Uji coba

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memeriksa kondisi kendaraan selain melakukan test drive. Dengan cara ini, pembeli dapat mengetahui kondisi sebenarnya dari mobil dan bagian-bagiannya, seperti rem, akselerator, dll.

Selain itu, pembeli dapat segera mendeteksi apakah mobil bekas memiliki sedikit “bunyi” dan derak, bahkan pada test drive singkat.

2. Pemeriksaan pribadi

Selain test drive, penting juga bagi pembeli untuk mengecek riasan dan kondisi tubuh.

Dengan cara ini, pembeli dapat mengidentifikasi tanda-tanda karat dan kerusakan, kondisi ban, kebocoran oli, dan lainnya.

3. Periksa jarak tempuh Anda

Biasanya, rata-rata pengguna atau pengemudi menghabiskan antara 12.000 dan 15.000 mil per tahun. Dengan cara ini, pembeli dapat mengetahui perkiraan usia mobil dengan melihat jarak tempuh.

4. Cek mekanik

Cara lain untuk mengecek kondisi mobil bekas sebelum membelinya adalah dengan meminta bantuan mekanik. Ini mungkin sedikit membebani pembeli, tetapi uangnya pasti akan dihabiskan untuk sesuatu yang baik. Mekanik adalah orang terbaik untuk segera menilai kondisi mobil tertentu, baik secara teknis maupun profesional.

5. Laporan CAFAX

Mengetahui sejarah mobil Anda juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengetahui kondisi mobil Anda yang sebenarnya. Oleh karena itu, penting bagi pembeli untuk mendapatkan bantuan laporan CARFAX agar mengetahui sejarah lengkap mobil bekas.

Ambil tindakan yang tepat dan selidiki pembelian Anda. Dengan begitu, Anda bisa memastikan pengalaman membeli mobil yang menyenangkan.

Ketika datang untuk membeli mobil, ada banyak langkah dalam proses dan detail yang tak terhitung jumlahnya untuk dipertimbangkan. Ini dapat dengan cepat menjadi proses yang cukup melelahkan dan mengecewakan. Saya mungkin sedikit bias dalam proses ini karena saya telah bekerja sebagai penasihat keuangan selama bertahun-tahun, tetapi saya memiliki satu nasihat penting bagi siapa pun yang ingin membeli mobil. Lihat penjualan mobil bekas dan lakukan dulu!

Saya telah mendengar dan menerima banyak nasihat bahwa orang harus mempertimbangkan penjualan mobil baru dan bekas secara setara ketika membuat keputusan kendaraan. Itu saran yang bagus, tapi saya pikir saran yang lebih baik untuk melihat kemungkinan yang ditawarkan penjualan mobil bekas sebelum membeli mobil baru.

Ada banyak alasan untuk tawaran ini, tetapi yang pertama adalah untuk mengetahui berapa banyak uang sebenarnya dari mobil baru itu. Hidup itu mahal, dan jumlah tagihan yang harus dibayar atau tanggung jawab yang harus dihadapi tidak ada habisnya. Melihat penjualan mobil bekas serta mobil baru bisa menjadi cara yang bagus untuk menemukan mobil yang bagus sesuai anggaran Anda. Dengan cara ini, Anda sebenarnya dapat membebaskan uang untuk tagihan dan kebutuhan penting lainnya dalam hidup Anda.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa ada begitu banyak penawaran hebat untuk penjualan mobil bekas. Orang sering menganggap mobil bekas sudah tua dan berkarat, tetapi mereka juga menjual mobil bekas yang jarang dikendarai. Jadi, hilangkan prasangka Anda tentang membeli mobil bekas dan mulailah pencarian Anda dengan pikiran untuk menemukan sesuatu. Jika Anda memilih untuk menjual mobil bekas, Anda akan terkejut dengan harganya dan sangat sering menjadi pilihan.

Jika Anda ingin membeli mobil, luangkan waktu untuk meneliti berbagai opsi. Lihat penjualan mobil bekas apa saja yang tersedia di wilayah Anda dan rencanakan untuk mengunjungi setiap lokasi sebelum melakukan pembelian akhir. Itu selalu baik untuk memiliki banyak pilihan saat membeli mobil. Bicaralah dengan kenalan Anda yang telah membeli mobil melalui penjualan mobil bekas dan cari tahu saran apa yang mereka tawarkan. Anda perlu memiliki pengetahuan untuk membuat keputusan terbaik.