Tips Merawat Ban Motor Agar Awet
images source : pixabay.com

Tips Merawat Ban Motor Agar Awet

Ban dan jari-jari skuter harus diperiksa setiap hari untuk memastikan pengendaraan yang bebas masalah dan aman. Jika jari-jari patah, harus segera diperbaiki untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Jika Anda memiliki ban kempes, Anda harus meminta seseorang mengganti, memasang, atau memperbaiki ban agar Anda dapat terus mengendarai skuter. Mengendarai skuter dengan ban kempes akan menyebabkan pelek dan roda bengkok dan patah dan tidak memberikan pengendaraan yang mulus seperti biasanya.

Untuk ban kempes, ada solusi tipe tabung yang dikenal sebagai penambal tusukan yang menahan ban kempes di tempatnya dan menyumbat lubang di ban karet. Fix flat adalah tabung yang dipasang langsung ke ban untuk memblokir lubang sekaligus menggembungkan ban. Fix Flat diaplikasikan pada ban karet seperti mobil. Jenis perbaikan ini tidak berlaku untuk tubing atau ban berpotongan besar. Untuk memperbaiki ban dengan goresan besar, ban harus diganti. Ban pengganti sudah tersedia di hampir semua toko peralatan medis dan pengecer skuter.

Ban memerlukan pemeriksaan dan perawatan rutin. Jika skuter tidak digunakan dalam waktu yang lama, setidaknya mintalah seseorang untuk memindahkan ban agar tidak menempel di satu bagian ban selama beberapa minggu. Busuk kering merupakan masalah pada ban yang tidak sering digunakan. Skuter yang tidak digunakan selama 3 bulan sekaligus dapat dengan mudah mengalami pembusukan kering pada bannya. Busuk kering dapat ditemukan dengan retakan pada ban, yang dapat dengan mudah menyebabkan kebocoran udara.

Untuk menghindari kebutuhan untuk memperbaiki ban kempes, memperbaiki jari-jari yang patah, dan mencegah pembusukan ban skuter yang kering, Anda harus mempertimbangkan untuk membeli ban padat. Ban padat tersedia dengan atau tanpa tapak. Ban padat tidak membutuhkan udara. Jika Anda memiliki ban yang membutuhkan udara, Anda dapat memompanya dengan pompa sepeda atau kompresor udara.

Skuter dengan fitur keselamatan lampu depan memerlukan sedikit perawatan, sehingga Anda selalu dapat memiliki lampu depan baru yang terang. Lampu depan biasanya tertutup rapat sehingga sedikit atau tidak ada air yang masuk ke perlengkapan lampu depan. Banyak skuter juga memiliki sendok di atas lampu depan untuk mencegah kelembaban tambahan masuk ke dalam lampu depan.

Jika lampu depan sedikit redup atau jika ada uap air di perlengkapan lampu depan, itu harus diganti. Terkadang lampu depan juga bisa rusak karena benturan yang besar, sehingga perlu diganti. Meskipun skuter yang berbeda memiliki persyaratan penggantian lampu yang berbeda, lampu depan sangat mirip dengan lampu depan pada mobil.

Lampu depan yang perlu diganti menggunakan bohlam yang sangat kecil yang ukurannya lebih kecil dari bohlam dalam rangkaian lampu. Pelepasan lampu dapat dilakukan dengan menggunakan obeng atau kunci pas. Beberapa skuter memiliki pelepasan lampu depan yang mudah yang tidak memerlukan alat selain memindahkan beberapa sambungan slip untuk melepas lampu depan. Yang harus Anda lakukan adalah melepas bohlam lama, memasukkan bohlam baru, dan memasang kembali lampu depan ke skuter.

Lampu depan integral tanpa bohlam internal juga mudah diganti. Lampu depan integral biasanya memerlukan obeng hex atau obeng biasa untuk melepas lampu depan. Lampu depan pengganti tersedia dari pemasok medis, pengecer skuter, dan pemasok lampu online. Mengganti lampu depan skuter itu mudah jika Anda mengetahui merek dan model skuter.

Lampu depan integral ditarik keluar dengan melepas 2 atau 4 sekrup yang menahannya di tempatnya. Setelah melepas sekrup, cabut lampu depan untuk mencabut lampu depan dari skuter. Colokkan lampu depan baru ke stopkontak, lalu pasang kembali lampu depan ke stopkontak. Semua sekrup yang Anda lepaskan harus diganti agar lampu depan kembali ke tempatnya.

Setiap skuter berbeda dan jenis lampu depan yang dipasang pada skuter dirinci dalam manual yang disertakan dengan skuter.