Tips Cara Memasang Audio Mobil Dengan Benar
images source : pixabay.com

Tips Cara Memasang Audio Mobil Dengan Benar

Apakah Anda ingin menghemat uang? Ingin tahu apakah Anda dapat memasang stereo mobil Anda sendiri? Ya, Anda bisa melakukannya sendiri! Silakan dan habiskan uang itu untuk perangkat keras! Jangan menghabiskan tenaga kerja. Selain itu, melakukan setup stereo mobil sendiri bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga, dan tentu saja Anda bisa belajar banyak darinya. Tidak ada yang lebih baik daripada perasaan melihat “kreasi” yang halus dan berfungsi penuh.

Tapi berhati-hatilah. Anda tidak ingin merusak perangkat keras yang mahal. Nah, sebagian besar perangkat keras audio mobil mudah dipasang. Dalam kebanyakan kasus, suku cadang memiliki soket dan slot berbentuk khusus, dll., dan hanya pas di tempat yang perlu dipasang. Namun, lebih baik untuk melanjutkan secara sistematis.

BACA JUGA : Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Memilih Audio Mobil

Dalam pemasangan stereo mobil, Anda perlu memutuskan jenis peralatan apa yang Anda inginkan untuk dimiliki kendaraan Anda. Jika Anda seorang pemula, yang terbaik adalah memasang stereo mobil pada sistem yang sederhana. Tugas kompleks seperti memasang peralatan rumit seperti panel LCD, suku cadang daya, dll. mungkin ingin diserahkan kepada ahlinya. Terutama jika Anda perlu membuat panel khusus, dll.

Cara Memasang Audio Mobil Dengan Benar

Head unit

Head unit adalah salah satu tugas termudah dalam pengaturan stereo mobil. Untungnya, sebagian besar perangkat mengikuti standar ukuran yang sama (DIN). Jika radio pabrik dikeluarkan dari banyak mobil, radio aftermarket akan masuk ke dalam lubang. Banyak mobil lain membutuhkan kit jika lubang pabrik terlalu besar atau tidak cukup dalam. Dalam beberapa kasus, Anda perlu memotong dasbor. Semua toko stereo mobil harus memiliki kit yang diperlukan untuk pemasangan.

Pemasangan ISO

Ada dua jenis pemasangan dalam instalasi stereo mobil. Pemasangan ISO adalah tempat, seperti kebanyakan mobil Jepang, radio dapat disekrupkan ke braket radio pabrik yang ada. Pemasangan cincin adalah ketika radio purna jual dilengkapi dengan cincin logam yang dipasang dalam kit lubang radio atau kit purna jual melalui tab yang dapat dilipat. Di banyak mobil, cincin dasbor dan trim perlu dipangkas untuk memperbesar lubang radio. Saat cincin dipasang, radio masuk dan masuk ke tempatnya. Dalam kebanyakan kasus, alat khusus diperlukan untuk menghilangkan radio.

Amplifier

Amplifier adalah tulang punggung sistem stereo mobil. Amp yang lemah akan merusak speaker stereo mobil yang bagus dan bukan sebaliknya. Amplifier berkontribusi secara signifikan untuk memberikan kekuatan musik, menghilangkan distorsi dan meningkatkan kejernihan suara. Ukuran amplifier sebanding dengan tingkat daya yang diinginkan. Jika Anda mengubah sistem stereo otomatis ke setidaknya setengah volume dan masih mendengar amplifikasi yang jelas, Anda tahu power amp yang bagus. Semakin banyak hak istimewa yang Anda miliki, semakin banyak kontrol yang Anda miliki atas sistem Anda.

BACA JUGA : Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas dari Showroom

Speaker sangat penting dalam pengaturan stereo mobil. Semahal apapun speaker, jika tidak dipasang dengan baik, suaranya tidak akan terdengar dengan baik.

Dalam fasilitas stereo mobil sederhana, Anda akan menggunakan speaker yang diadaptasi dengan lokasi pabrik. Pastikan tidak ada celah atau lubang. Kadang-kadang, membuat isolasi kayu atau fiberglass membantu mengurangi lubang dan memberikan suara yang jauh lebih baik. Namun, selalu memperhatikan saat menggunakan alat listrik di sekitar speaker. Garansi pemasangan stereo mobil umumnya tidak menutupi lubang pada speaker.

Untuk lokasi speaker yang unik, Anda mungkin perlu memotong logamnya. Anda mungkin ingin menyerahkan ini pada ahlinya. Anda akan membutuhkan alat seperti pemotong plasma dan bor pneumatik. Tetapi jika Anda ingin bersikeras, sepasang potongan logam (potongan kiri dan kanan) akan dilakukan.

Instalasi stereo mobil harus tahan terhadap getaran dan sumber kebisingan lainnya dari lingkungan sekitar. Tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkannya, tetapi ada produk yang secara signifikan mengurangi kebisingan dan derak, terutama pada kendaraan yang tidak mewah. Liner, semprotan, strip perekat, dan bahkan karpet yang diaplikasikan pada panel dapat mengubah dunia.