Kelebihan Kekurangan Beli Mobil vs Sewa Mobil
images source : pixabay.com

Kelebihan Kekurangan Beli Mobil vs Sewa Mobil

Jika Anda sedang mempertimbangkan apakah akan membeli atau menyewa mobil berikutnya dan mana yang mungkin memberi Anda kesepakatan terbaik, sebagian besar pakar konsumen setuju bahwa membeli mobil Anda.

berikutnya akan lebih baik dilihat dari sudut pandang keuangan

Biaya

Tentu saja, opsi ini menghindari semua jenis biaya keuangan, jadi membayar tunai penuh adalah skenario terbaik. Namun, untuk sebagian besar dari kita dan ruang lingkup artikel ini, kita akan melihat pembelian atau leasing yang terkait dengan keuangan.

Sewa jangka pendek dapat terlihat menarik karena pembayaran sewa bulanan cenderung kurang dari pembayaran bulanan pada kontrak pembelian. mengapa? Hal ini karena dengan sewa, pada dasarnya Anda hanya membayar sebagian dari kendaraan yang akan Anda gunakan. Ini seperti berbagi harga dengan seseorang. Anda hanya membayar untuk potongan yang Anda makan. Dalam terminologi otomotif, sisa sewa disebut nilai sisa mobil. Semakin tinggi nilai residu mobil, semakin sedikit mobil yang digunakan selama masa sewa, sehingga semakin sedikit Anda membayar suku cadang yang Anda gunakan (sewa).

Jangka waktu

Biasanya, jangka waktu sewa adalah 24, 36 atau 48 bulan. Jangan mengadakan perjanjian sewa selama lebih dari 48 bulan. Bahkan, melebihi 36 bulan meningkatkan nilai sewa. Jangan biarkan penjual mobil menyewakan Anda lebih lama hanya karena membuat sewa Anda lebih menarik. Ingatlah bahwa waktu membutuhkan uang, nilai sisa mobil Anda anjlok, Anda kehilangan semua manfaat sewa, dan pada akhirnya tidak ada yang tersisa.

Bagi sebagian pengemudi, keputusan membeli mobil tidak semata-mata berdasarkan pendapatan. Dan ini baik-baik saja. Ini sepenuhnya pribadi. Dengan sewa, Anda selalu dapat mengendarai mobil baru. Mobil dalam beberapa tahun gaya tubuh terbaru dan teknologi. Kendaraan selalu dilindungi oleh garansi pabrik. Mengapa Anda tidak membeli paling banyak untuk uang Anda dari seseorang yang senang mengendarai mobil baru dan telah menerima kenyataan bahwa membayar mobil adalah biaya bulanan lainnya? Jika demikian, menyewa bisa menjadi alternatif yang baik.

Preferensi

Jika ini adalah preferensi pribadi Anda, dua pertanyaan lain yang perlu Anda jawab adalah berapa mil setahun yang Anda kendarai dan seberapa keras Anda mengemudikan mobil Anda? Jika Anda tidak hati-hati, pertanyaan jarak tempuh bisa menghantui Anda lagi. Orang-orang dengan mobil baru senang mengemudi, dan mereka yang lebih membual cenderung mengemudi lebih banyak. Berhati-hatilah dengan jarak tempuh Anda. Melebihi jarak tempuh yang dialokasikan untuk sewa dapat dikenakan biaya 15 hingga 30 sen per mil di atas batas jarak tempuh sewa, yang dapat sangat terburu-buru. Sebagian besar sewa memungkinkan Anda untuk membeli mil tambahan di muka pada saat sewa, tetapi perlu diingat bahwa jika Anda tidak menggunakan semua mil Anda di akhir masa sewa, Anda tidak akan mendapatkan pengembalian uang.

Saya sebutkan sebelumnya bahwa Anda harus mempertimbangkan seberapa baik Anda harus menangani mobil Anda. Hanya Anda yang akan mengetahui hal ini dan Anda harus jujur tentang hal itu. Jangan berasumsi bahwa kendaraan yang disewa dapat dikembalikan dalam kondisi kurang lancar ketika masa sewa berakhir. Melakukannya dapat menimbulkan biaya penyeimbangan kembali yang bisa sangat berat.

Kesimpulan

Singkatnya, dari sudut pandang keuangan murni, membeli mobil baru Anda berikutnya adalah yang terbaik dalam jangka panjang. Tetapi mobil yang Anda gunakan untuk memiliki mobil, terlalu banyak preferensi pribadi dan prioritas pribadi yang ikut bermain. Jika menurut Anda sewa itu menarik, pastikan benar-benar jarak tempuh yang akan Anda kendarai. Rawat mobil Anda dengan baik. Dan terakhir, tanyakan kepada agen asuransi Anda terlebih dahulu untuk memastikan mereka tidak mengembalikan uang yang Anda simpan ke perusahaan asuransi Anda pada pembayaran bulanan Anda.