Berikut ini contoh homologi dan analogi organ tubuh manusia: Sayap kupu-kupu dengan sayap burung, Sayap kupu-kupu dengan tangan manusia, Kaki depan kuda dengan tangan manusia, Sayap kupu-kupu dengan sayap kelelawar, Tangan manusia dengan kaki depan gajah, Yang termasuk organ homologi adalah

Berikut ini contoh homologi dan analogi organ tubuh manusia:

1. Sayap kupu-kupu dengan sayap burung.

2. Sayap kupu-kupu dengan tangan manusia.

3. Kaki depan kuda dengan tangan manusia.

4. Sayap kupu-kupu dengan sayap kelelawar.

5. Tangan manusia dengan kaki depan gajah.

Yang termasuk organ homologi adalah ….

A. 1 dan 4

B. 1 dan 5

C. 2 dan 3

D. 3 dan 5

E. 4 dan 5

Pembahasan

Homologi adalah anggota tubuh organisme dengan struktur dasar yang sama, tetapi fungsinya sama maupun berbeda. Homologi merupakan petunjuk evolusi yang menunjukkan perkembangan makhluk hidup dari asal yang sama, kemudian menghasilkan spesies yang memiliki organ tubuh dengan fungsi yang berbeda-beda.

Berdasarkan soal, yang termasuk homologi yaitu angka 3 dan 5. Kaki depan kuda, tangan manusia, dan kaki depan gajah memiliki struktur yang sama, yaitu terdiri atas tulang humerus (lengan atas), radius (pengumpil), ulna (hasta), karpal (pergelangan), metakarpal (telapak), dan falangus (jari-jari). Namun, ukuran dan bentuknya berbeda-beda karena mengalami penyusutan atau perkembangan. Fungsi organ yang berbeda-beda (tangan manusia berfungsi untuk memegang, kaki depan kuda dan kaki depan gajah berfungsi untuk berjalan) disebabkan oleh adaptasi pada lingkungan yang berbeda.

Angka 1 dan 4 merupakan analogi karena memiliki struktur yang berbeda namun terdapat kesamaan fungsi (untuk terbang).

Jawaban

Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

See also Organ homolog adalah