Jelaskan ciri-ciri jaringan epidermis!

Jelaskan ciri-ciri jaringan epidermis!

Pembahasan

Ciri-ciri jaringan epidermis :

  • Terdiri atas sel-sel hidup.
  • Berbentuk persegi panjang.
  • Sel-selnya rapat dan tidak memiliki ruang antarsel.
  • Umumnya tidak memiliki klorofil, kecuali pada epidermis tumbuhan paku.
  • Dinding sel jaringan epidermis bagian luar yang berbatasan dengan udara mengalami penebalan, namun dinding sel epidermis bagian dalam yang berbatasan dengan jaringan lain tetap tipis.
  • Mampu membentuk derivat jaringan epidermis.

Fungsi jaringan epidermis

1. Sebagai Pelindung Semua Organ Tumbuhan

Sel-sel yang tersusun dengan deretan yang rapi pada jaringan epidermis memungkinkan organ bagian dalam tubuh tumbuhan terlindungi dari perubahan suhu udara, kelembaban, infeksi patogen secara langsung, dan sebagainya. Oleh karena itu, jaringan epidermis umumnya memiliki ciri teksturnya lebih keras dibandingkan jaringan lainnya, dilengkapi sel kipas, bulu akar, dan spina (duri).

2. Membatasi Penguapan pada Tumbuhan

Saat suhu udara tinggi, stomata pada jaringan epidermis akan menutup dengan rapat agar laju transpirasi tanaman dapat dibatasi, sedangkan saat suhu udara rendah, stomata akan membuka dengan sangat lebar agar sebagian air dapat terbuang ke udara dan tidak membeku di dalam jaringan tumbuhan.

3. Penyimpanan Cadangan Air

Sel-sel pada jaringan epidermis memiliki protoplasma yang pipih dan besar. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu tempat penyimpanan cadangan air bagi tumbuhan.

4. Penyerapan Zat Air dan Unsur Hara

Jaringan epidermis yang terletak di akar juga dapat berfungsi sebagai penyerap air dan unsur hara dari dalam tanah.

5. Difusi Oksigen dan Karbondioksida

Jaringan epidermis sebagai tempat proses difusi oksigen dan karbondioksida saat tumbuhan melakukan respirasi dan sekresi hasil fotosintesis.

Jawaban

Jaringan Epidermis merupakan jaringan yang letaknya paling luar pada organ-organ tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Jaringan epidermis berfungsi untuk menutupi permukaan tubuh tumbuhan. Jaringan ini melindungi bagian dalam tumbuhan dari segala pengaruh luar yang merugikan tumbuhan, sehingga disebut juga jaringan pelindung.

See also Kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan anakronisme, yaitu