10 Kategori Motor yang Harus Kamu Ketahui
images source : pixabay.com

10 Kategori Motor yang Harus Kamu Ketahui

Sepeda motor biasanya merupakan kendaraan roda dua yang digerakkan oleh mesin kecil yang berisik. Kendaraan ini pada dasarnya adalah sepeda listrik, tetapi lebih berat, lebih kuat, dan terdiri dari bagian-bagian yang lebih kompleks, membuat sepeda motor lebih merupakan mesin daripada sepeda.

Sepeda motor memiliki berbagai kegunaan, tetapi penggunaan utama yang jelas adalah berkendara untuk digunakan sebagai bentuk transportasi cepat. Kegunaan lain: Digunakan sebagai simbol kebebasan, tergantung pada militer dan penegakan hukum, olahraga/balap, perjalanan, dan siapa pun yang mengendarainya. Konvensi sepeda motor juga mengisyaratkan tujuan lain dari sepeda motor: barang pameran! Seperti halnya mobil, sepeda motor adalah karya seni bagi mereka yang cenderung mekanis atau ingin memamerkan mesin (motor konsep) yang unik dan inovatif.

Sepeda Motor dibagi menjadi beberapa kategori :

Sepeda motor jalan

Sepeda motor yang dirancang untuk dikendarai di trotoar dan jalan umum. Sepeda motor ini memiliki jarak yang pendek dan biasanya memiliki mesin 125cc dengan kecepatan maksimal 100 mph (160 km/jam). Ada juga beberapa motor yang dapat melebihi kecepatan 125 mph (200 km/jam). Ini dirancang untuk transportasi umum saja, bukan untuk balap. Ada plat nomor, flasher dan aksesoris lain yang dibutuhkan untuk mengemudi di jalan umum.

Cruiser

Mengingatkan gaya mekanik Amerika dari tahun 1930-an hingga 1960-an. Sepeda motor ini dirancang untuk perjalanan jauh dan menawarkan kenyamanan. Harley Davidson, Excelsior, Henderson dan Chopper adalah kapal penjelajah.

Sepeda olahraga

Sepeda performa tinggi yang biasanya lebih ringan dan konstruksinya lebih kecil daripada kapal penjelajah. Motor ini merupakan motor balap dan memiliki mesin 4 silinder mulai dari 600cc hingga 750cc. Bahkan “superbike” dapat memasok hingga 1.000cc.

Touring bike

Sepeda motor ini dilengkapi dengan suku cadang besar untuk perlindungan dari cuaca buruk dan angin kencang. mesin torsi tinggi; posisi duduk yang nyaman dan tegak; Tangki bahan bakar berkapasitas besar untuk perjalanan jarak jauh. Jenis-jenis sepeda wisata adalah: full dress tourer, standard tourer, global on/off road tourer dan sport tourer.

Naked bike

Direduksi menjadi esensial, sepeda ini menekankan fungsi, kinerja, dan ergonomis daripada penampilan, fitur favorit sepeda olahraga dan tur. Sepeda ini juga dikenal sebagai sepeda “jalanan”. Yamaha Seca II adalah contoh yang bagus.

Skuter

Motor skuter adalah sepeda motor yang mempunyai jarak pendek dengan roda kecil (14 inci) dan mesin pada lengan ayun. Biasanya ini berjalan di bawah 125cc, tetapi beberapa skuter yang lebih besar melebihi 250cc. Salah satu skutik yang populer adalah Honda Lead 80.

Moped

Sebuah sepeda/sepeda motor hibrida dengan mesin dua-tak yang naik hingga 50cc. Perizinan rumit di beberapa daerah. Meskipun popularitasnya menurun pada pertengahan 1980-an, itu masih digunakan sampai sekarang.

Sepeda Off-Road

Ini termasuk sepeda motor trail dan dibuat untuk medan kasar. Mereka memiliki ban tapak yang lebih besar dan lebih dalam, mesin yang lebih kecil, perjalanan suspensi yang panjang dan ground clearance yang tinggi, dan tidak ada aksesori jalanan. Sepeda motor ini memiliki mesin silinder tunggal dua langkah atau silinder tunggal empat langkah, yang dapat mencapai 50cc atau hingga 750cc, tergantung pada usia pengendara dan ukuran serta gaya mesin. Sepeda uji di bawah 250cc adalah sepeda motor off-road. Mereka digunakan untuk motorcross dan endurocross.

“Dual-Sport” dan Adventure-Touring

Ini adalah sepeda “on-off road”. Mereka mirip dengan sepeda motor “off-road”, tetapi mereka juga dapat dikendarai di jalan umum.

Sepeda Pertanian—Sebuah variasi dari sepeda uji, sepeda motor ini digunakan oleh peternak sapi perah Selandia Baru pada awal 1960-an. Ini adalah sepeda motor tekanan rendah yang nyaman untuk bergerak.

Derny bike

Sebuah sepeda motor khusus yang digunakan untuk trek bersepeda untuk memblokir hambatan aerodinamis dari sepeda balap.

Sepeda Derek—Dirancang oleh perusahaan Swedia, sepeda motor ini memiliki mesin torsi tinggi dan trailer lipat untuk truk derek dan truk ringan. Satu-satunya Retriever yang masih ada adalah versi modifikasi dari Honda GL 1800 Wing lama.

Concept Bike

Prototipe yang dibuat untuk mengetahui respons dari desain inovatif, efektivitas biaya, teknologi baru, dan faktor lainnya. Sebagian besar tidak pernah terwujud, tetapi beberapa kombinasi dikompromikan, dengan mempertimbangkan realitas pemasaran, reaksi dan preferensi publik, dan kemampuan manufaktur.

Sepeda motor menjadi primadona di jalan raya maupun off-road. Mesin-mesin ini menginspirasi sekaligus berbahaya dan harus dihormati sebanyak mereka dilatih dan dipraktikkan untuk membuatnya bekerja. Jika Anda memperlakukan mereka dengan baik, sepeda motor akan memperlakukan Anda dengan baik.