Penyebaran agama Buddha di Indonesia dilakukan dengan misi khusus, yaitu dharmaduta. Bukti yang mendukung pernyataan tersebut adalah

Penyebaran agama Buddha di Indonesia dilakukan dengan misi khusus, yaitu dharmaduta. Bukti yang mendukung pernyataan tersebut adalah ….

A. Penemuan prasasti Nalanda peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

B. Tulisan pada prasasti Yupa dari Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

C. Penemuan area Buddha Dipangkara di Sikendeng, Mamuju, Sulawesi Barat.

D. Penemuan area beraliran Amarawati dari India Selatan di Jember, Jawa Timur.

E. Penemuan prasasti Dinoyo peninggalan Kerajaan Kanjuruhan di de kat Malang, Jawa Timur.

Pembahasan

Penyebaran agama Buddha di Indonesia dilakukan dengan misi khusus, yaitu dharmaduta. sudah masuk tetapi belum berkembang. lni terbukti dari dipeluknya agama Hindu oleh Raja Mulawarman dari Kutai dan Purnawarman dari Tarumanegara. Keterangan Fa-Hien, musafir dari Cina yang menyebutkan bahwa pemeluk agama Budha di Ye-Po-Ti (Jawa) tidak banyak. Fa-Hien datang ke Ye-Po-Ti pada tahun 414 M. Lama kelamaan kedua agama itu terus berkembang. Silih berganti menjadi agama negara. Sesudah hidup berdampingan secara damai selama berabad-abad. terjadilah sinkretisme Hindu-Budha. Sinkretisme itu melahirkan aliran agama baru, yaitu Siwa-Buddha. Aliran ini berkembang pesat pada abad ke-10 M. Penemuan arca Budha yang terbuat dari Perunggu di daerah Sempaga. Sulawesi Selatan, merupakan bukti tertua ada nya pengaruh Budha yang datang dari India. Arca Sempaga memperlihatkan langgam seni Amarawati, India Selatan abad ke-2 hingga ke-5 SM. Arca ini merupakan barang dagangan yang dipersembahkan untuk bangunan suci agama Budha. Arca sejenis juga ditemukan di Jember. Jawa Timur, dan di Bukit Siguntang, Sumatera Selatan.

Jawaban

Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

See also Akuntansi sebagai sistem informasi artinya