Link Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Link Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Link Download Aplikasi Cek Bansos Dari Kemensos. Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi terbaru tentang Program Bantuan Sosial (Bansos) dari pemerintah, bisa segera mendownload aplikasi cek bansos dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Aplikasi tersebut terdapat menu baru yaitu menu “Usul” dan “Sanggah”. menu ini berguna untuk mendaftarkan diri sendiri, anggota keluarga, atau tetangga yang selama ini belum mendapatkan bansos dari pemerintah. Hal ini menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan data yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat, seperti adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan tetapi malah tidak dapat (exclusion error) atau ada juga yang seharusnya tidak berhak tetapi malah mendapatkan bansos (inclusion error). Sehingga masyarakat bisa ikut membantu pemerintah dalam pengawalan bansos.

Link Download Aplikasi Cek Bansos Dari Kemensos

Link Download Apk Cek Bansos Kemensos

Kamu bisa download aplikasi cek bansos dari kemensos ini lihat berikut ini :

  • Download aplikasi cek bansos : klik disini
  • Ukuran file : 6,3 MB
  • Versi : 1.0.3
  • Android Versi : 5.0 dan yang lebih tinggi
  • Instal : 1.000.000+

Link diatas adalah link resmi yang dibuat oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia, karena ada banyak aplikasi di Google Playstore yang namanya hampir mirip.

Setelah aplikasi selesai di instal, selanjutnya kamu diharuskan membuat akun terlebih dahulu (membuat User ID) agar bisa login ke aplikasi tersebut. Berikut ini cara membuat akun di aplikasi cek Bansos:

cara membuat akun di aplikasi cek Bansos

  1. Tulis data diri lengkap sesuai KTP
  2. Selanjutnya isi kolom nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat lengkap, nomor telephone, dan juga e-mail
  3. Kemudian itu unggah swafoto sambil memegang KTP.
  4. Setelah semua selesai tinggal Kamu klik “Buat Akun Baru”.

Bila Kamu sudah mempunyai akun di Aplikasi Bansos, Kamu bisa mendaftarkan diri, atau mengusulkan keluarga, masyarakat lain, atau fakir miskin. setelah data berhasil diusulkan akan berisi nama, NIK dan status kesesuaian Dukcapil, kecocokan wilayah dengan pengusul KK.

Data langsung akan dicocokan dengan data Dukcapil. Apabila NIK yang diinput terdaftar dalam Data Terintegrasi Kesejahteraan Sosial (DTKS). Maka tinggal menunggu pendistribusian bantuan sosial.

Jika Kamu telah melakukan semua proses tersebut dan belum mendapatkan bantuan sosial, Kamu bisa menunggu diperiode berikutnya karena bansos ini akan disalurkan secara bertahap sepanjang tahun 2022.