Awal Sejarah Berdirinya Motor Yamaha
images source : pixabay.com

Awal Sejarah Berdirinya Motor Yamaha

Perkembangan sepeda motor Yamaha terjadi secara tidak sengaja. Pada tahun 1953, perusahaan sudah mengembangkan berbagai produk. Mereka mencari kegunaan peralatan idle yang dulunya digunakan untuk membuat baling-baling pesawat terbang. Ide untuk peralatan ini termasuk sepeda motor, kendaraan segala medan, suku cadang mobil, skuter, skuter, dan mesin jahit. Karena banyaknya permintaan pasar akan sepeda motor, kami memutuskan untuk fokus pada manufaktur sepeda motor.

Yamaha YA-1

Pada bulan Agustus 1954, sepeda motor Yamaha pertama, Yamaha YA-1, dirilis. Motor ini mengusung mesin dua langkah satu silinder. Pada Juli 1955, Yamaha, dengan 274 karyawan, membuat 200 sepeda motor berkualitas tinggi per bulan. YD-1 diperkenalkan sebagai sepeda balap pada tahun 1957. Sepeda dengan cepat menjadi populer dan muncul di Grand Prix Catalina Amerika tahun 1958.

Hal ini membuat Yamaha untuk bisa mulai memasarkan sepeda motor di Amerika Serikat dengan dealer swasta yang ada di California. Yamaha Motor Corporation USA didirikan pada tahun 1977 untuk menarik lebih banyak penjualan di Amerika Serikat. Pada tahun 1959, Yamaha memperkenalkan ide penyediaan converter kit kepada konsumen. Hal ini memungkinkan sepeda motor untuk digunakan baik untuk street riding maupun cross racing.

Pada tahun 1960, Yamaha telah memproduksi 135.000 sepeda dalam satu tahun. Pada tahun 1965, sistem pengisian bahan bakar otomatis membuat tidak perlu lagi mencampur minyak dan gas. Pada tahun 1973, Yamaha mampu menjual lebih dari satu juta sepeda motor di seluruh dunia.

Yamaha pada 1970-an, mulai mengembangkan model empat tak hasilnya adalah sepeda motor yang lebih cepat yang memenuhi peraturan emisi dan secara signifikan lebih ekonomis daripada model dua langkah. Namun menjual model dua tak kepada konsumen terus berlanjut. Banyak pabrikan lain yang hanya fokus pada empat tak, sehingga Yamaha mampu memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Yamaha YZ250

Pada tahun 1974 YZ250 dirilis. Karena model ini menampilkan sistem suspensi belakang horizontal tunggal, dengan cepat menjadi sepeda motorcross terlaris. Yamaha membangun lintasan balap tepat di sebelah pabrik sehingga kualitas dan fungsionalitas produk dapat terus diamati.

Yamaha V-Max

Ketika Yamaha meluncurkan V-Max pada tahun 1985, itu membuat salah satu model sepeda balap tercepat di luar sana. Ini diklasifikasikan sebagai sepeda otot dengan kekuatan, bukan untuk pengendara pemula. Mereka terus memproduksi sepeda tercepat di pasar untuk street riding dan balap.

Yamaha tidak pernah puas dengan berhenti begitu saja ketika sesuatu yang baik sedang terjadi. Mereka selalu memiliki visi untuk mencapai lebih banyak dan berjuang untuk lebih banyak kepuasan pelanggan. Visi dan filosofi perusahaan telah terbukti efektif dalam semua aspek produksi sepeda motor. Fakta bahwa mereka menawarkan berbagai model berarti mereka dapat menawarkan produk berkualitas tinggi dengan memberikan kesempatan kepada konsumen untuk menemukan sepeda motor yang mereka cari dari nama merek yang mereka ketahui.

Beberapa model sepeda motor mereka tidak laku, tetapi sebagian besar laku. Dengan memperhatikan apa yang diinginkan konsumen, yamaha selalu fokus pada masa depan sepeda motor. Mereka telah mampu mendiversifikasi pengembangan mereka dan melakukannya dengan memungkinkan mereka menjangkau segmen pasar sepeda motor yang besar tanpa mengorbankan visi mereka.

Saat ini, Yamaha terus membangun dengan berbagai inovasi agar dapat menghasilkan sepeda motor yang cepat dan andal untuk kepuasan pelanggan di seluruh dunia. Mereka juga memproduksi lebih banyak sepeda motor pemenang balapan daripada merek lain di pasar. Keragaman dan dedikasi tinggi untuk dapat menciptakan sepeda motor yang berkualitas dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen telah menjadikan yamaha sebagai penjual terbaik di industri yang sedang berkembang ini.