Jika hukum kekekalan energi mekanik berlaku pada suatu sistem, maka

Jika hukum kekekalan energi mekanik berlaku pada suatu sistem, maka ….

A. energi kinentik sistem selalu berkurang

B. energi potensial sistem selalu bertambah

C. jumlah energi potensial dan energi kinetik sistem berubah

D. jumlah energi potensial dan energi kinetik sistem tetap

E. jumlah energi potensial dan energi kinetik sistem selalu bertambah

Pembahasan

Energi mekanik adalah jumlah energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki oleh suatu benda. Berdasarkan hukum kekekalan energi mekanik, energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan melainkan hanya mengalami perubahan bentuk.

Maka, menurut hukum kekekalan energi mekanik, energi mekanik pada kondisi pertama akan sama dengan energi mekanik pada kondisi kedua. Itu artinya, jika dalam suatu sistem berlaku hukum kekekalan energi mekanik, maka energi mekanik sistem akan konstan diseberang posisi.

Jika hukum kekekalan energi mekanik berlaku pada suatu sistem, maka jumlah energi potensial dan energi kinetik tersebut akan kekal atau tetap. Pada suatu kondisi, saat energi potensialnya berkurang, maka energi kinetiknya akan bertambah sehingga jumlahnya tetap sama.

Begitu pula sebaliknya, saat energi kinetiknya bertambah, maka energi potensialnya berkurang dan energi mekaniknya akan sama dengan energi mekanik mula-mula. Jadi, energi kinetik tidak selalu berkurang melainkan bisa juga bertambah. Begitu pula halnya energi potensialnya.

Jawaban

Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

See also Cara menghindari penghitungan ganda dalam pendapatan nasional adalah