Keberhasilan program kerja kabinet Sukiman

keberhasilan program kerja kabinet Sukiman ….

Pembahasan

Kabinet Sukiman bertugas pada masa bakti 27 April 1951 hingga 3 April 1952, tetapi telah didemosioner sejak 23 Februari 1952. Kabinet ini merupakan kabinet koalisi antara Masyumi dan PNI. Beberapa program yang direncanakan Kabinet Sukiman adalah.

  1. Menjalankan tindakan-tindakan tegas sebagai negara hukum untuk menjamin keamanan dan ketentraman, serta menyempurnakan organisasi alat-alat kekuasaan negara.
  2. Membuat dan melaksanakan rencana kemakmuran nasional dalam jangka pendek untuk mempertinggi sosial ekonomi rakyat, membaharui hukum agrarian sesuai kepentingan petani, dan mempercepat usaha penempatan beas pejuang dalam lapangan pembangunan.
  3. Menyelesaikan persiapan pemilu untuk membentuk konstituante dan menyelenggarakan pemilu dalam waktu singkat. Mempercepat otonomi daerah.
  4. Menyiapkan undang-undang tentang Pengakuan Serikat Buruh dan Perjanjian Kerja sama (collectieve arbeidsovereenkomst).
  5. Menjalankan politik luar negeri yang bebas dan aktif untuk perdamaian, menyelenggarakan hubungan Indonesia-Belanda atas dasar Unite Statuut menjadi hubungan berdasarkan perjanjian internasional, mempercepat peninjauan kembali persetujuan KMB dan meniadakan perjanjian yang merugikan negara dan rakyat.
  6. Memasukkan Irian Barat ke dalam wilayah Republik Indonesia secepatnya.

Keberhasilan yang didapat masa Kabinet Sukiman diantaranya adalah.

  1. Memerhatikan usaha memajukan perusahaan kecil.
  2. Memperhatikan kaum buruh.
  3. Memperluas pendidikannya dengan mendirikan berbagai macam sekolah dan tingkatnya.
  4. Melanjutkan Program Kerja Kabinet Natsir.

Jawaban

keberhasilan Kabinet Sukiman adalah memerhatikan usaha memajukan perusahaan kecil, memperhatikan kaum buruh, memperluas pendidikannya dengan mendirikan berbagai macam sekolah dan tingkatnya, melanjutkan Program Kerja Kabinet Natsir.

See also Alat yang digunakan untuk menyelidiki muai panjang suatu benda adalah