Tumbuhan paku dibedakan menjadi paku homospora, heterospora, dan peralihan. Dasar yang membedakannya adalah

Tumbuhan paku dibedakan menjadi paku homospora, heterospora, dan peralihan. Dasar yang membedakannya adalah ….

A. cara reproduksi vegetatif

B. jenis spora yang dihasilkan

C. cara reproduksi generatif

D. bentuk spora yang dihasilkan

E. jumlah spora

Pembahasan

Berdasarkan jenis spora yang dihasilkan, tumbuhan paku dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut :

  • Paku homospora atau isospora, yaitu paku yang menghasilkan satu jenis spora dengan bentuk dan ukuran yang sama. Paku homospora disebut juga berumah satu karena sporanya akan tumbuh menjadi protalium pembentuk anteridium maupun arkegonium. Contohnya, Lycopodium, Nephrolepis, Drymoglossum, dan Dryopteris filix-mas.
  • Paku heterospora atau anisospora, yaitu paku yang menghasilkan dua jenis spora dengan ukuran yang berbeda. Spora yang berukuran besar (makrospora atau megaspora) berkelamin betina yang akan tumbuh menjadi makroprotalium atau megaprotalium pembentuk arkegonium. Spora yang berukuran kecil (mikrospora) berkelamin jantan yang akan tumbuh menjadi mikroprotalium pembentuk anteridium. Paku heterospora disebut juga berumah dua. Contohnya, Selaginella, Salvinia, dan Marsilea.
  • Paku peralihan atau campuran, yaitu paku yang menghasilkan spora yang berukuran sama, tetapi jenisnya berbeda (berkelamin jantan atau betina). Spora dapat tumbuh menjadi protalium yang akan membentuk salah satu alat kelamin ; arkegonium atau anteridium saja. Paku peralihan termasuk berumah dua. Contohnya, Equisetum debile.

Jawaban

Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

See also Hasil akhir glikolisis adalah