Tips Merawat Kendaraan yang Baik dan Benar
images source : pixabay.com

Tips Merawat Kendaraan yang Baik dan Benar

Tips Merawat Kendaraan yang Baik dan Benar, Perawatan kendaraan secara teratur atau perawatan preventif dapat membantu menjaga kendaraan Anda beroperasi dalam kondisi optimal jika diinginkan. Tidak ada yang benar-benar menikmati kunjungan mekanik karena, misalnya, bantalan rem kami aus hingga rotor atau tromol, membutuhkan lebih banyak waktu dan uang untuk memperbaiki sistem rem.

BACA JUGA : 7 Perbedaan Transmisi Mobil Matic vs Manual

Waktu yang singkat untuk membuat kendaraan kita melakukan hal-hal “biasa” membuat kita menghabiskan waktu dengan baik. Klise membayar sekarang atau membayar nanti tidak lagi berlaku dalam kasus ini. Kiat-kiat berikut akan membantu Anda menyimpan kendaraan yang akan membawa Anda ke mana pun Anda harus pergi.

Tips Merawat Kendaraan yang Baik dan Benar

Mengganti oli

Saya tidak dapat berbicara tentang penggantian oli reguler dan penggantian filter oli. Saya pribadi mengganti oli setiap 2.000 mil. Jadwal perjalanan yang disarankan adalah setiap 3.000 mil. Saya memiliki Buick LeSabre 1978 dengan 195.000 mil di atasnya karena minat langsung saya pada penggantian oli dan filter reguler, dan itu masih berjalan seperti mimpi pada tahun 2006. Tak perlu dikatakan lagi, tetapi pelumasan sasis atau yang kita sebut “pelumasan” harus dilakukan bersamaan dengan penggantian oli.

Filter udara

Ini adalah masalah umum ketika Anda menemukan bahwa mobil Anda menggunakan lebih sedikit daya dan menggunakan lebih banyak bahan bakar ketika filter udara menjadi kotor. Pemeriksaan sederhana pada filter akan memberi tahu Anda seberapa kotornya filter tersebut. Mekanik hampir selalu setuju bahwa langkah sederhana ini dapat meningkatkan performa kendaraan Anda. Filter udara memainkan peran penting dalam mengurangi jumlah debu, kotoran, dan kontaminan berbahaya lainnya yang masuk ke mesin.

BACA JUGA : 8 Cara Mudah Merawat Radiator Mobil

Sederhananya, jika filter tersumbat kotoran dan terkadang, kendaraan Anda akan bekerja kurang efisien. Filter harus diganti setiap 3.000 mil. Ganti juga filter udara saat melakukan penggantian oli pada kendaraan Anda untuk menghemat waktu atau melakukan perjalanan ekstra ke montir.

Filter bahan bakar

Saat berbicara tentang filter, filter bahan bakar mungkin merupakan item yang paling diabaikan atau dilupakan dalam pemeriksaan rutin. Pakar otomotif tidak mengerti mengapa ini terjadi, tetapi mereka mengerti. Ingat Buick yang baru saja saya sebutkan? Saya memeriksa pompa bahan bakar dan filter bahan bakar kendaraan secara teratur.

Saat menghitung galon/mpg bahan bakar yang digunakan setelah mengganti filter bahan bakar, saya dapat dengan jujur mengatakan bahwa Anda bisa mendapatkan sekitar 2 mil lebih banyak ke galon. Periksa filter bahan bakar Anda setiap kali Anda berpikir “Saya pikir saya telah menggunakan lebih banyak bensin akhir-akhir ini” atau berpikir sendiri.

Penggantian kampas rem

Penggantian kampas rem secara teratur juga sangat penting. Banyak ahli akan setuju bahwa setiap bagian dari sistem rem adalah fitur keselamatan yang paling penting dari sebuah mobil. Anda harus bisa menghentikan kendaraan dengan cepat dan aman. Semua bantalan rem akhirnya aus. Jika Anda mendengar bunyi berderit atau pedal terasa “kabur” saat mengerem, pertimbangkan bahwa bantalan rem mulai aus.

BACA JUGA : 6 Cara Mudah Mengganti Oli Mobil Sendiri

Tugas bantalan rem adalah memberikan gesekan dengan bantalan untuk memungkinkan pengereman atau berhenti. Bantalan rem dapat dengan mudah didiagnosis keausan melalui pemeriksaan rutin.

Koil pengapian

Ia bekerja dengan menari dengan distributor dan koil pengapian. Banyak hal yang dapat mengindikasikan masalah dan malfungsi kabel busi. Mungkin ada korosi pada kabel atau konektor. Seiring bertambahnya usia kawat, resistansi dapat meningkat. Bahan di sekitar kabel dapat sobek atau aus.

Tanda-tanda pertama masalah biasanya muncul saat kendaraan mulai mendeteksi gerakan yang hilang atau tersendat saat berjalan. Ada tarikan yang serius, seperti perasaan bahwa kendaraan tidak bisa mendapatkan energi untuk bergerak. Selalu jaga kebersihan kabel busi.

Selalu atasi masalah kabel yang tampak aus atau tidak terpasang dengan benar pada busi. Mengganti kabel busi membuat penyalaan lebih efisien dan mengurangi masalah jenis pengapian yang dapat disebabkan oleh keausan kabel busi.

basuhlah aku! Nah, ini sebenarnya bukan “perawatan” kendaraan itu sendiri, tapi bukankah kendaraan yang bersih terasa enak? Sekali lagi, pernahkah Anda melihat mobil tampak lebih mulus saat bersih? Membersihkan uap mesin sesuai dengan rencana perawatan rutin juga dapat memperpanjang usia mesin.

BACA JUGA : Tips Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Pembersihan mesin juga mencegah korosi dan kotoran menumpuk pada kabel busi. Periksa mesin Anda untuk kebocoran, kabel dicabut atau longgar dan membantu mencegah korosi baterai kendaraan Anda.

Ini bukan satu-satunya tip “pemeliharaan rutin”, tetapi Anda selalu dapat meneliti buku pegangan kendaraan Anda untuk ide-ide lain yang dapat membantu memperpanjang umur kendaraan Anda dan menjaganya dalam kondisi optimal.