Kalimat yang sumbang pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

(1) Di tengah keterbatasan lahan yang ada, rumah mungil menjadi solusi masyarakat yang menginginkan rumah tapak. (2) Rumah mungil rancangan kelompok desain kolektif asal Estonia ini layak menjadi rujukan. (3) Dikutip dari Apartmenttherapy, rumah ini tidak sekadar mungil, tapi juga dapat dibangun dalam sehari. (4) Rumah bergaya tradisional Jawa itu sangat unik dan luas. (5) Rancangan rumah tersebut cukup sederhana karena mengambil keuntungan pada langit-langit yang tinggi.

Kalimat yang sumbang pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Pembahasan

Kalimat sumbang adalah kalimat yang tidak memiliki kaitan dengan kalimat lainnya. Cara menemukan kalimat sumbang dalam sebuah paragraf adalah dengan membaca keseluruhan teks tersebut.

Berdasarkan kutipan teks eksplanasi di atas, kalimat yang sumbang pada paragraf tersebut adalah nomor (4). Pernyataan kalimat keempat tidak tepat jika terdapat dalam paragraf tersebut. Hal itu disebabkan oleh gagasan yang terdapat dalam kalimat empat membahas rumah bergaya tradisional Jawa itu sangat unik dan luas, yang tentu tidak padu dengan gagasan lainnya.

Jawaban

Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

See also Berdasarkan operasinya, perusahaan dibedakan menjadi