Frekuensi pernapasan akan meningkat pada kondisi

Frekuensi pernapasan akan meningkat pada kondisi …

A. Ketika berada di gunung yang tinggi

B. Saat berada di dataran rendah

C. Tubuh sedang istirahat

D. Posisi tubuh sedang tidur

E. Suhu tubuh menurun

Pembahasan

Kecepatan (frekuensi) pernapasan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut.

  • Jenis kelamin, laki-laki biasanya memiliki tingkat yang lebih rendah dibandingkan dengan perempuan. Hal ini dikarenakan volume paru-paru wanita lebih kecil dibandingkan laki-laki.
  • Umur, bayi memiliki frekuensi pernapasan yang lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini disebabkan karena bayi masih berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, sehingga membutuhkan energi yang lebih banyak untuk mendukung tumbuh kembangnya.
  • Suhu tubuh, Ketika seseorang merasa kedinginan dan suhu tubuhnya menurun, otak akan mengirim sinyal agar paru-paru meningkatkan frekuensi pernapasannya. Dengan begitu, tubuh akan mempercepat pembakaran agar tetap hangat.
  • Posisi tubuh, Jika seseorang berada dalam posisi berdiri, frekuensi pernapasannya akan lebih tinggi dibandingkan jika ia sedang duduk atau berbaring. Hal ini terjadi karena ketika ia berdiri, tubuh memerlukan energi yang lebih besar untuk menjaga agar tetap seimbang, sehingga frekuensi pernapasan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut.
  • Aktivitas tubuh, semakin berat aktivitas seseorang, maka frekuensi pernapasannya pun akan semakin meningkat. Gunanya adalah untuk memasok energi yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas tersebut.
  • Ketinggian tempat, tempat yang tinggi memiliki kadar oksigen yang rendah sehingga jumlah oksigen yang dihirup lebih sedikit. Hal ini menyebabkan sesak napas dan meningkatkan frekuensi pernapasan

Jawaban

Maka, frekuensi pernapasan akan meningkat pada kondisi ketika berada di dataran tinggi dan suhu rendah, dan jawaban yang tepat adalah A dan E

See also Berikut adalah kelemahan teori Sudra