Choose the best answer Dinda would buy tens luxury houses if she ….. (win) the lottery

Choose the best answer.

Dinda would buy tens luxury houses if she ____ (win) the lottery.

A. win

B. wins

C. won

D. had won

Pembahasan

Soal di atas menampilkan kalimat rumpang dengan bagian hilang yang harus dilengkapi dengan kata kerja (verb) yang tepat diantara pilihan jawaban dari A sampai D.

Kalimat rumpang yang tertulis Dinda would buy ten luxury houses if she ____ (win) the lottery memiliki arti “Dinda akan membeli sepuluh rumah mewah jika dia ____ (memenangkan) lotre”.

Kalimat tersebut merupakan contoh penggunaan if clause tipe second conditional sentence yang berfungsi untuk menyatakan mimpi dengan kemungkinan kecil untuk terjadi di dunia nyata.

Dalam satu kalimat second conditional sentence, ada dua klausa (clause), yaitu: main clause yang ditandai dengan verb 2, serta if clause yang ditandai dengan if, would, dan verb 1. Untuk kalimat rumpang pada soal di atas, rumusnya sebagai berikut: S + would + V1 + O + if + S + V2 + O.

Berdasarkan penjelasan dan rumusnya, kita harus mengisi bagian yang hilang dengan verb 2 (kata kerja bentuk pertama). Oleh karena itu, kata win yang ditulis di dalam kurung harus diubah ke verb 2 menjadi won.

Sehingga, secara keseluruhan kalimat rumpang itu tertulis Dinda would buy ten luxury houses if she won the lottery memiliki arti “Dinda akan membeli sepuluh rumah mewah jika dia memenangkan lotre”.

Jawaban

Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

See also Sebutkan jenis-jenis pantun berdasarkan isinya