Fungsi laten lembaga pendidikan adalah

Fungsi laten lembaga pendidikan adalah ….

(1) mengurangi pengendalian orang tua

(2) meningkatkan daya kritis terhadap gejala sosial

(3) mempertahankan sistem kelas sosial

(4) memperpanjang masa remaja

A. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar

B. jika jawaban 1 dan 3 benar

C. jika jawaban 2 dan 4 benar

D. jika hanya jawaban 4 yang benar

E. jika semua jawaban benar

Pembahasan

Fungsi laten lembaga pendidikan adalah fungsi yang tidak disadari secara langsung (tersembunyi) oleh masyarakat. Berikut penjelasan dari masing-masing fungsi laten lembaga pendidikan :

(1) Mengurangi pengendalian orang tua

Sekolah merupakan bagian dari lembaga pendidikan. Melalui sekolah, proses sosialisasi seorang anak di keluarga menjadi teralihkan sehingga mengurangi pengendalian orang tua. Oleh karena itu, proses pengendalian sosial tidak hanya dibebankan pada lembaga keluarga melalui orang tua. Akan tetapi, juga melibatkan sekolah sebagai perwujudan dari lembaga pendidikan.

(2) Meningkatkan daya kritis terhadap gejala sosial

Daya kritis terhadap gejala sosial diwujudkan dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, meskipun tidak disadari secara langsung, dengan mengalami proses pendidikan, seseorang akan mampu melihat berbagai macam persoalan di masyarakat dan diarahkan untuk mencari pemecahan masalah di dalamnya.

(3) Mempertahankan sistem kelas sosial

Pendidikan dapat mempengaruhi sistem stratifikasi sosial dan juga mobilitas sosial seseorang ataupun kelompok. Oleh karena itu, level pendidikan seseorang akan berdampak pada kelas sosial seseorang di masyarakat. Pada kondisi ini, lembaga pendidikan berfungsi mempertahankan kelas sosial. Misalnya, seseorang lulusan pendidikan SD akan berbeda kelas sosialnya dengan seseorang lulusan perguruan tinggi dalam sistem stratifikasi sosial, khususnya ketika membicarakan posisi (jabatan) dalam suatu pekerjaan.

(4) Memperpanjang masa remaja

Selain mengurangi pengendalian orang tua, lembaga pendidikan juga berfungsi dalam memperpanjang masa remaja. Hal tersebut dikarenakan melalui lembaga pendidikan seseorang diupayakan mengalami proses pendewasaan secara bertahap, dari pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Oleh karena itu, melalui proses pendidikan, seseorang diupayakan untuk menjalani kehidupan sosial sesuai dengan tuntutan fase kedewasaannya sehingga tidak mengalami dewasa dini. Potret seseorang yang mengalami dewasa dini terjadi pada anak-anak putus sekolah yang harus bekerja menghidupi keluarganya. Selain itu, juga terjadi pada anak-anak yang mengalami pernikahan dini. Dengan memaksimalkan peran lembaga pendidikan, seseorang atau kelompok dapat terhindar dari permasalahan pernikahan anak tersebut.

Jawaban

Maka, pilihan jawaban yang benar adalah E.

See also Sebutkan hambatan-hambatan pengembangan agrikultural di Indonesia