Kemiskinan yang disebabkan oleh faktor kebijakan salah satunya adalah

Kemiskinan yang disebabkan oleh faktor kebijakan salah satunya adalah …

A. Penimbunan kekayaan yang tidak produktif

B. Distribusi kekayaan yang tidak merata

C. Pemutusan hubungan kerja

D. Depresi ekonomi di negara sedang berkembang

E. Pemborosan dalam mengelola keuangan

Pembahasan

Secara sosiologis masalah kemiskinan timbul sebagai akibat adanya lembaga kemasyarakatan di bidang ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik. Contohnya di bidang produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Kemiskinan juga merupakan keadaan adanya ketidaksanggupan untuk mendapatkan barang-barang dan pelayanan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan sosial yang terbatas.

Menurut Baswir dan Sumodiningrat, secara sosio-ekonomis, ada dua bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :

  1. Kemiskinan absolut, yaitu keadaan orang-orang miskin yang memiliki tingkat pendapatan di bawah garis kemungkinan atau jumlah pendapatannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup minimum seperti; kebutuhan pangan, sandang, kesehatan, papan, dan pendidikan yang diperlukan untuk hidup dan bekerja. Menurut Bank Dunia, kemiskinan absolut adalah orang yang mempunyai pendapatan dibawah USD $1/hari.
  2. Kemiskinan relatif adalah kemiskinan yang dilihat berdasarkan perbandingan antara tingkat pendapatan dengan tingkat pendapatan orang lainnya.

Selain itu terdapat bentuk-bentuk kemiskinan yang sekaligus faktor penyebab kemiskinan, yaitu sebagai berikut :

  1. Kemiskinan natural, yaitu keadaan miskin yang dari awal sudah miskin. Kemiskinan natural terbentuk karena faktor-faktor alamiah, seperti cacat, sakit, usia lanjut, atau akibat bencana alam.
  2. Kemiskinan kultural, yaitu kemiskinan yang disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan hidup. Misalnya, seseorang miskin karena faktor budaya malas, boros, dan tidak disiplin
  3. Kemiskinan struktural, yaitu kemiskinan yang disebabkan oleh faktor-faktor buatan manusia seperti kebijakan ekonomi yang tidak adil, distribusi produksi yang tidak merata, pemecatan, dan korupsi yang cenderung menguntungkan kelompok atau masyarakat tertentu.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka pertanyaan di soal yang menanyakan kemiskinan yang disebabkan oleh faktor kebijakan berarti merupakan bentuk kemiskinan struktural. Sebab, kemiskinan struktural merupakan kemiskinan yang dialami oleh suatu golongan masyarakat karena faktor-faktor buatan manusia (struktur sosial) yang memungkinan golongan masyarakat tersebut tidak ikut menggunakan sumber-sumber pendapatan yang sebenarnya tersedia bagi mereka. Oleh karena itu yang termasuk contoh kemiskinan ini adalah distribusi pemutusan hubungan kerja. Hal ini dikarenakan pemutusan hubungan kerja merupakan hasil dari kebijakan yang diambil oleh para pemegang kekuasaan.

Jawaban

Maka jawaban yang tepat adalah C.

See also Negara anggota ASEAN yang berbatasan darat dengan Indonesia salah satunya