Jelaskan langkah menyusun resensi

Jelaskan langkah menyusun resensi!

Pembahasan

Dalam menyusun sebuah resensi kita harus memperhatikan unsur-unsur resensi, di antaranya judul resensi, data buku, pembukaan resensi, isi resensi, dan penutup resensi.

Berikut ini langkah menyusun resensi:

  1. Membuat Judul Resensi. Buatlah judul resensi yang menarik dan mencakup inti dari tulisan. Pemilihan judul resensi tidak harus ditetapkan terlebih dahulu, tetapi dapat dibuat setelah resensi selesai.
  2. Menyusun Data Buku. Data buku merupakan unsur yang ada di dalam sebuah resensi. Data buku yang ada pada sebuah resensi, yaitu: 1) judul buku, 2) pengarang, 3) penerbit, 4) tahun terbit dan cetakan buku, 5) tebal buku, dan 6) harga buku.
  3. Membuat Pembukaan Resensi. Pembukaan pada resensi buku lebih bersifat sebagai pendapat yang subjektif. Berikut ini merupakan beberapa isi dari pembukaan resensi buku: 1) Memperkenalkan karya dan prestasi pengarang, 2) Membandingkan dengan buku sejenis yang sudah ditulis, baik oleh pengarang sendiri ataupun oleh pengarang lain, 3) Memaparkan kekhasan pengarang, 4) Memaparkan keunikan buku, 5) Merumuskan tema buku, 6) Mengungkapkan kritik terhadap kelemahan buku, 7) Mengungkapkan kesan terhadap buku, 8) Memperkenalkan penerbit.
  4. Menyusun lsi Resensi. Sebuah resensi biasanya memuat hal berikut ini: 1) Sinopsis atau isi buku, 2) Keunggulan dan kelemahan buku berdasarkan penggunaan bahasa, isi buku, pola penyajian, dan lain-lain.
  5. Membuat Penutup Resensi. Bagian penutup berisi tentang kepentingan dari buku itu untuk siapa, kelayakan buku untuk dibaca atau tidak serta alasan mengapa buku itu harus dibaca.

Jawaban

langkah-langkah menyusun resensi yaitu: 1. Membuat judul resensi, 2. Menyusun data buku, 3. Membuat pembukaan resensi, 4. Menyusun isi resensi, 5. Membuat penutup resensi.

See also Sebutkan langkah-langkah menyusun teks prosedur