Jelaskan kelemahan Teori Waisya, Teori Kesatria, dan Teori Brahmana

Jelaskan kelemahan Teori Waisya, Teori Kesatria, dan Teori Brahmana!

Pembahasan

Dalam mencari asal-usul terkait penyebar kebudayaan India di Indonesia parah ahli membuat sebuah teori dari bukti-bukti yang ditemukan terkait tokoh penyebar kebudayaan India di Nusantara. Seperti Teori Waisya (pedagang) yang dikemukakan oleh N.J Krom, Teori Ksatria (bangsawan/raja) yang dikemukakan oleh C.C Berg, dan Teori Brahmana (pendeta) yang dikemukakan oleh J.C van Leur. Namun selayaknya sebuah teori lainnya, teori tersebut pastinya memiliki kelemahan masing-masing adapun kelemahannya adalah sebagai berikut:

  • Kelemahan Teori Waisya adalah adanya larangan bagi kasta Waisya untuk membaca dan mempelajari kitab Weda secara langsung, atas dasar tersebut tidak dimungkinkan para pedangan menjadi sosok penyebar agaman Hindu.
  • Kelemahan Teori Ksatria adalah tidak ada bukti yang mendukung bahwa para prajurit dan ksatria India mengadakan penguasaan wilayah (kolonisasi) di Indonesia. Sumber tertulis tentang proses kolonisasi, baik dari India maupun Indonesia tidak ditemukan.
  • Kelemahan Teori Brahmana adalah adanya suatu fakta bahwa para pendeta dari kasta Brahmana mempunyai pantangan untuk menyeberangi lautan sehingga tidak memungkinkan masuk ke Indonesia.

Jawaban

kelemahan Teori Waisya adalah adanya larangan bagi para pedangan mempelajara Weda secara langsung, kelemahan Teori Ksatria adalah tidak ada bukti kolonialisasi, dan kelemahan Teori Brahmana adalah adanya pantangan menyebrang lautan bagi para pendeta.

See also Kelompok sosial terbentuk karena