9 Cara Menjual Mobil Bekas Secara Online
images source : pixabay.com

9 Cara Menjual Mobil Bekas Secara Online

Dalam keadaan sulit seperti sekarang ini terutama imbas dari pandemi Covid-19, banyak orang berniat untuk menjual mobilnya dengan berbagai alasan. Misalkan karena sedang membutuhkan dana, ada yang ingin mengganti mobil dengan cara down grade dan lain-lain.

Salah satu cara untuk mendapatkan harga yang tinggi bisa dengan melakukan penjualan secara online. Anda akan menghemat uang anda ketika menjual mobil secara online dibandingkan dengan menitipkan mobil ke dealer ataupun showroom, karena dengan menitipkan mobil ke dealer atau showroom otomatis akan ada komisi dari hasil penjualan yang harus anda bagi kepada pemilik dealer ataupun showroom. Biasanya pembagian komisi dalam bentuk persentase dari harga jual.

Ketika anda menjual mobil dengan cara online kemungkinan besar pembeli adalah pemakai dan bukan showroom. Sehingga harga yang ditawarkan bisa lebih tinggi dibandingkan anda menjual ke dealer atau showroom. Tetapi untuk menjual mobil bekas tidak bisa sembarangan dengan mempostingnya atau menawarkan kepada seseorang. Menjual mobil harus dilakukan dengan beberapa tips baik itu mulai dari menentukan harga pasaran mobil sampai memperhatikan dengan detail mobil yang akan dijual, supaya tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan.

Cara Menjual Mobil Bekas Secara Online

Berikut ini adalah tips dan trik supaya mobil bekas Anda cepat terjual di pasaran via online:

Cek harga di pasaran

Sebelum anda menentukan harga alangkah baiknya mengecek terlebih dahulu harga pasaran mobil bekas yang ingin dijual. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari di nternet, koran, majalah, dll. Cara ini dilakukan supaya anda bisa mematok harga dan tidak merusak harga pasaran mobil tersebut. Cara ini bisa menjaga harga jual beli mobil bekas tetap kompetitif.

Cek kondisi mobil

Sebelum mobil dijual, sebaiknya periksa kembali kondisi mobil secara keseluruhan dengan baik mulai dari interior dan eksteriornya dengan tujuan untuk menghindari adanya kerusakan ataupun kekurangan yang terlewat. Hal tersebut adalah faktor yang paling penting karena pembeli akan melihat secara keseluruhan mobil yang akan dibelinya. Apabila ada yang perlu diganti lebih baik ganti terlebih dahulu. Penjual harus mempunyai strategi dalam menjual mobil bekasnya supaya bisa mendapatkan harga jual yang terbaik.

Jual ditempat yang tepat

Sekarang sudah banyak situs online yang bisa anda manfaatkan untuk menjual mobil bekas anda. Pilihlah situs yang aman saat akan melakukan transaksi, dan yang penting perhatikan apakah situs online tersebut banyak pengunjung sedang mencari mobil bekas.

Bersihkan mobil secara keseluruhan

Supaya mobil yang akan dijual banyak diminati, kondisi mobil pun harus diperhatikan. Mobil dalam kondisi bersih baik luar maupun dalamnya akan memberikan kesan yang baik dan menandakan bahwa mobil tersebut dirawat secara baik oleh pemiliknya.

Upload foto

Upload foto mobil yang bagus saat akan dijual, supaya bisa menarik minat calon pembeli.

9 Cara Menjual Mobil Bekas Secara Online
images source : pixabay.com

Jelaskan kondisi mobil

Apabila ada yang berminat dengan mobil anda, sebisa mungkin berikanlah setiap informasi mobil anda kepada pembeli, misalnya riwayat perawatan dan asuransi apabila masih berlaku. Dengan informasi yang jelas dan pelayanan yang baik bisa mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli sebab anda sudah jujur, dan calon pembeli akan tertarik dengan mobil yang ditawarkan.

Lakukan Pengecekan dan tes drive mobil

Cantumkan nomor kontak anda sendiri saat akan menjual mobil di situs online agar calon pembeli bisa menghubungi anda langsung dan setelah ada komunikasi mintalah nomor kontak calon pembeli untuk mengadakan pertemuan dan dapat melihat kondisi mobil secara langsung. Usahakan pembeli melakukan test drive langsung supaya anda tidak merasa yakin dengan calon pembeli.

Dokumen yang lengkap

Tunjukan kepada calon pembeli surat-surat atau dokumen mobil yang asli dan lakukan pengecekan bersama-sama baik itu nomor mesin dan nomor rangka mobil. Jika surat lengkap maka calon pembeli akan nyaman untuk membeli mobil.

Sistem pembayaran yang nyaman

Apabila pembeli sudah cocok dengan mobil bekas yang ditawarkan dan sepakat untuk membelinya maka anda tinggal mengatur sistem pembayaran yang aman bagi kedua belah pihak. Karena transaksi jumlahnya besar sebaiknya dilakukan dibank.

Nah, sekarang anda sudah tahu kan tips dan trik untuk menjual mobil secara online, tinggal anda mengikuti langkah-langkah seperti diatas.