Perbedaan antara white collar crime dengan blue collar crime dalam hal pelaku kriminalitasnya, adalah

Perbedaan antara white collar crime dengan blue collar crime dalam hal pelaku kriminalitasnya, adalah …

A. Dilakukan oleh orang dewasa atau remaja

B. Dilakukan oleh orang terpelajar atau putus sekolah

C. Dilakukan oleh wanita atau pria

D. Dilakukan oleh kelompok elit atau rakyat biasa

E. Dilakukan oleh orang tua atau anak

Pembahasan

Kriminalitas atau tindak kriminal segala sesuatu yang melanggar hukum atau sebuah tindak kejahatan. Pelaku kriminalitas disebut seorang kriminal. Biasanya yang dianggap kriminal adalah seorang pencuri, pembunuh, perampok, atau teroris.

Contoh tindak kejahatan yaitu kejahatan kerah putih dan kerah biru. Kejahatan kerah putih (white collar crime) adalah kejahatan yang dilakukan oleh kaum elit, pengusaha, bankir, atau para pejabat yang mempunyai peran dan fungsi strategis atau akses kebijakan strategis melalui korupsi, kecurangan, dan penipuan yang sangat merusak serta menimbulkan korban yang bersifat massal. Sedangkan kejahatan kerah biru atau blue collar crime merupakan jenis kejahatan yang dilakukan oleh golongan rendah. Misalnya mencuri sandal di masjid, mencuri ayam tetangga, dan mencuri jemuran.

Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat diketahui bahwa perbedaan antara kejahatan kerah biru dan kerah putih terdapat pada status sosialnya. Dimana kejahatan kerah putih dilakukan oleh kaum elit, sedangkan kejahatan kerah biru dilakukan oleh rakyat biasa atau yang memiliki golongan rendah.

Jawaban

Maka, pilihan jawaban yang benar adalah D.

See also Kemukakan arti penting dari pembelajaran tentang sejarah kehidupan zaman praaksara!