Jelaskan manfaat perdagangan antarpulau

Jelaskan manfaat perdagangan antarpulau!

Pembahasan

Perdagangan antar pulau adalah perdagangan dan/atau pendistribusian barang dari satu pulau ke pulau lain dalam satu provinsi atau antarprovinsi, yang dilakukanoleh pelaku usaha perdagangan antar pulau.

Beberapa manfaat adanya perdagangan antarpulau, antara lain :

  1. Terpenuhinya segala jenis kebutuhan yang diperlukan pulau atau daerah tertentu
    Kita ketahui, bahwa setiap pulau maupun daerah memiliki kekayaan dan sumber daya yang tidak sama. Dengan adanya perdagangan antarpulau, maka setiap orang dapat menikmati barang/produk yang tidak dapat dihasilkan sendiri di wilayahnya.
  2. Terciptanya lapangan kerja yang luas.
    Adanya perdagangan antar pulau, tentu meningkatkan produktivitas serta akhirnya berdampak pada dibutuhkannya lebih banyak tenaga kerja, baik dari segi produsen maupun distributor.
  3. Terbangunnya hubungan silaturahmi yang positif.
    Semakin luas jangkauan pemasaran, semakin banyak juga relasi hubungan yang dibangun antar komponen pekerja.
  4. Mendorong perkembangan IPTEK.
    Seiring berkembangnya waktu, maka permintaan produksi tentu akan jauh lebih banyak. Maka diperlukan inovasi terbaru terutama dari segi IPTEK guna memenuhi setiap permintaan yang ada.
  5. Meningkatkan presentase kemakmuran dan kesejahteraan suatu pulau/daerah.
    Setiap pulau yang jumlah penganggurannya minim, segala jenis kebutuhannya terpenuhi, relasi yang baik, serta adanya perkembangan IPTEK yang menunjang, menjadikan masyarakat yang ada di Pulau tersebut merasakan kemakmuran dan kesejahteraan.

See also Tuliskan 3 manfaat perdagangan antar daerah