Pemberontakan Kahar Muzakkar di Sulawesi Selatan disebabkan karena

Pemberontakan Kahar Muzakkar di Sulawesi Selatan disebabkan karena …

A. Tidak puasnya dengan Pemerintah RI

B. Kahar Mudzakar ingin menjadi pemimpin APRIS

C. Menentang Pemerintah RIS

D. Memperjuangkan agar KGSS dimasukkan dalam APRIS

Pembahasan

Pada tahun 1950, peristiwa pemberontakan besar terjadi di Sulawesi Selatan. Peristiwa ini dikenal sebagai Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII). Kahar Muzakkar adalah dalang utama dibalik pemberontakan ini. Ia memimpin kelompok gerakan yang bernama Komando Gerilya Sulawesi Selatan atau KGSS dan melakukan berbagai kekacauan di Sulawesi Selatan.

Pemberontakan oleh Kahar Muzakkar didasari oleh rasa kekecewaanya karena banyak anggota KGSS yang tidak diterima menjadi Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS). Awalnya, Kahar Muzakkar meminta agar seluruh personel KGSS menjadi bagian dari APRIS. Namun, hal ini ditolak dengan alasan pemerintah hanya menerima anggota APRIS yang memenuhi persyaratan saja. Merespon hal tersebut, Kahar Muzakkar pun melakukan pemberontakan sebanyak dua tahap. Pada tahun 1950 hingga 1952 merupakan tahap pemberontakan pertama. Sedangkan di tahun 1953 hingga 1965 merupakan pemberontakan kedua.undefined

Dengan demikian, pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) yang dipimpin oleh Kahar Muzakkar dilatarbelakangi oleh banyaknya anggota KGSS yang tidak diterima menjadi Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS).

Jawaban

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

See also Pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan, karena