Jelaskan kondisi geografis Asia Tenggara

Jelaskan kondisi geografis Asia Tenggara?​

Berikut merupakan kondisi geografis yang telah terdapat pada Asia Tenggara:

Secara Astronomis, Asia Tenggara telah terletak pada 28° LU – 11° LS dan juga 93° BT – 141° BT.

Secara Geografis, Asia Tenggara telah diapit oleh dua samudra yaitu ialah Samudra Pasifik dan juga Samudra Hindia.

Pembahasan

Kawasan Asia Tenggara ini telah meliputi sebelas macam negara yang telah membentang dari daerah India Timur hingga pada Negara China. Wilayah dari kawasan Asia Tenggara ini telah terbagi lagi menjadi dua zona yaitu ialah zona mainland yang dimana telah meliputi negara Laos, Myanmar, Kamboja, Thailand, dan juga Vietnam. Selain itu, pada bagian Island telah terdiri atas Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan juga Timor-Timur yang dimana sebelumnya ia telah menjadi bagian dari negara Indonesia.

Terdapat pula beberapa macam perbedaan lingkungan fisik yang terdapat pada zona mainland dan juga zona island. Berikut merupakan perbedaan lingkungan fisiknya:

  • Kondisi geografi yang telah terdapat pada zona mainland ini telah meliputi sebuah sungai yang panjang dari sebuah dataran tinggi yang telah memisahkan Asia Tenggara dari Negara China dan juga pada barat laut dari Negara India.
  • Dataran rendah yang luas telah dipisahkan dengan sebuah pegunungan dan juga perbukitan hutan. Dataran rendah ini dinilai subur dan juga sangat cocok untuk para masyarakat yang berkegiatan menanam padi yaitu seperti pada negara Burma, Thailand, dan juga Vietnam.
  • Kawasan dari zona mainland di Asia Tenggara ini telah mempunyai garis pantai yang cukup panjang. Walaupun telah zona mainland ini telah menjadi wilayah memiliki basis agraris yang cukup kuat, namun masyarakat yang terdapat pada kawasan tersebut juga telah ikut melakukan perdagangan yang telah menghubungan Asia Tenggara ini dengan negara China dan juga India.
  • Negara yang berada pada kawasan Island ini telah terdiri dengan pulau-pulau yang besar. Pulau-pulau tersebut telah dibatasi dengan dataran tinggi yang menyebabkan akses untuk menuju lokasi tersebut menjadi cukup sulit.

See also KNIP dibentuk pada tanggal