Aktivitas meristem primer akan mengakibatkan

Aktivitas meristem primer akan mengakibatkan ….

A. pemanjangan batang dan akar

B. akar dan batang menjadi bertambah besar

C. terbentuknya lapisan pelindung gabus pada batang

D. terbentuknya lingkaran tahun pada batang dikotil

E. munculnya bunga pada ruas batang

Pembahasan

Tidak seperti pada hewan, yang tumbuh dengan ukuran dan bentuk tubuh tertentu dan kemudian berhenti tumbuh, tanaman menunjukkan pertumbuhan yang tidak pasti dimana tanaman akan terus menambahkan organ baru (daun, batang, akar) selama ia memiliki akses terhadap sumber daya seperti unsur hara tanah.

Tanaman dapat terus tumbuh seperti ini karena jaringan meristem yang berisi sel meristem yang dapat membelah diri secara terus-menerus

Secara umum pertumbuhan tanaman ini dibagi menjadi dua yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

Pertumbuhan primer terjadi pada ujung tanaman, pada jaringan yang disebut jaringan meristem primer atau meristem apikal. Jaringan meristem apikal ini terdapat pada ujung akar atau di ujung batang. Pembelahan sel pada jaringan ini menyebabkan batang meninggi dan akar memanjang ke dalam tanah.

Sementara pertumbuhan sekunder terjadi di tengah batang akibat aktifitas jaringan meristem lateral, yang terdapat pada kambium di saluran pembuluh tanaman.

Hanya tanaman yang termasuk dalam gymnosperma (berbiji terbuka seperti pinus) atau dikotil (berbiji belah seperti mangga) yang memiliki kambium. Karena itu hanya tanaman pada jenis ini yang dapat melakukan pertumbuhan sekunder dan bercabang. Sementara tanaman dalam jenis monokotil seperti kelapa tidak dapat bercabang karena tidak mengalami pertumbuhan sekunder akibat tidak memiliki kambium.

Jawaban

Maka, jawaban yang benar adalah A.

See also Kronologi berasal dari bahasa Yunani yaitu chronos yang berarti