Apa yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah? Identifikasikan 5 komponen abiotik yang ada pada ekosistem sawah

Apa yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah? Identifikasikan 5 komponen abiotik yang ada pada ekosistem sawah!

Pembahasan

Sawah merupakan suatu ekosistem berupa lahan pertanian dengan permukaan tanah yang rata dan terdapat pematang sebagai pembatas. Ekosistem sawah merupakan salah satu contoh ekosistem buatan, karena sawah merupakan tempat budidaya atau tempat bercocok tanam petani. Sawah memiliki fisik permukaan yang rata, berair, dan umumnya ditanami padi, palawija, maupun tanaman lainnya.

Keseimbangan ekosistem sawah dipengaruhi oleh interaksi antara komponen ekosistem di dalam sawah itu sendiri. Seperti komponen abiotik dan biotik yang ada di dalam lingkungan sawah. 5 komponen abiotik yang ada di sawah antara lain cahaya matahari, tanah, bebatuan, udara, dan air.

Ekosistem sawah terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik meliputi semua makhluk hidup yang berada di ekosistem sawah. Sedangkan komponen abiotik meliputi tanah, air, garam mineral, udara, dan cahaya matahari yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup komponen biotik.space

Jawaban

Dengan demikian, keseimbangan ekosistem sawah dipengaruhi oleh interaksi antara komponen ekosistem di dalam sawah itu sendiri. Komponen abiotik meliputi tanah, air, garam mineral, udara, dan cahaya matahari yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup komponen biotik.

See also Mengapa bahan yang terbuat dari sterofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan?