Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti tahun 1908? Jelaskan alasannya!

Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti tahun 1908? Jelaskan alasannya!

Pembahasan

Tahun 1908 merupakan awal kebangkitan nasional di Hindia Belanda. Hal tersebut ditandai dengan dibentuknya organisasi pergerakan nasional pertama, yakni Budi Utomo. Budi Utomo resmi dibentuk pada 20 Mei 1908 oleh sejumlah mahasiswa kedokteran STOVIA. Mahasiswa tersebut diantaranya adalah Soetomo, Gunawan Mangunkusumo, dan Wahidin Soedirohusodo. Dalam perkembangannya, Budi Utomo bergerak di bidang pendidikan, kebudayaan, dan sosial. Apabila melihat perkembangan sejarah dan gerakan dari organisasi Budi Utomo, saat ini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat 1908 untuk membangun kemajuan bangsa dan negara, terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Dengan demikian, saat ini masih diperlukan orang-orang yang memiliki semangat 1908 untuk membangun kemajuan bangsa dan negara, terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Jawaban

Saat ini masih diperlukan orang-orang yang memiliki semangat 1908 untuk membangun kemajuan bangsa dan negara, terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan.

See also Bagaimana pendapatmu berhasilkah taktik Jepang untuk menguasai Indonesia dengan berbagai propaganda “Jepang saudara tua”, Pan-Asia dengan ” Gerakan Tiga A”?