Mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional? Berikan alasanmu

Mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional? Berikan alasanmu

Pembahasan

Pendirian organisasi Boedi Oetomo dilatarbelakangi kondisi ekonomi buruk di Jawa. Dr. Wahidin berkeliling Pulau Jawa untuk menggalang dana pendidikan. Usahanya tidak mendapatkan respon positif dari Belanda, namun usahanya mendorong pelajar STOVIA di Jakarta untuk mendirikan organisasi. Boedi Oetomo merupakan organisasi modern pertama yang memiliki AD/ART dan bersifat nasional, berdiri pada 20 Mei 1908, dan memiliki unsur organisasi lengkap. Organisasi ini dipelopori Dr. Wahidin Sudirahusodo dan mahasiswa STOVIA yang bertujuan mencapai kemajuan Jawa dan Madura melalui pendidikan. Boedi Oetomo menggabungkan diri ke dalam Partai Indonesia Raya pada tahun 1935. Meski demikian, organisasi ini menjadi inspirasi lahirnya organisasi nasional lainnya.

Dengan demikian, alasan organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional karena merupakan organisasi modern pertama yang memiliki AD/ART dan memberikan inspirasi kepada kaum nasionalis lainnya untuk berjuang dengan basis organisasi modern.Budi Oetomo menjadi organisasi kebangsaan modern pertama yang memiliki AD/ART. Hal tersebut menunjukan munculnya kalangan berpendidikan yang mendorong perubahan.

See also Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti tahun 1908? Jelaskan alasannya!