Menurut kamu mengapa para pedagang waktu itu memilih jalur perairan atau laut

Menurut kamu mengapa para pedagang waktu itu memilih jalur perairan atau laut?

Pembahasan

Transportasi laut adalah sarana untuk mengangkut barang dangangan yang dianggap paling efektif pada zaman dahulu, dimana kapal sebagai alat transportasinya. Bahkan para penjelajah dari Eropa juga mengarungi samudera menggunakan kapal laut. Hal tersebut didasarkan pada tekhnologi navigasi yang mendukung aktifitas pelayaran dan perdagangan. Dengan menggunakan kapal, tenaga penggeraknya bisa menggunakan tenaga angin dari layar kapal. Dan bisa dibilang sangat efektif waktu itu, jangkauan kapal juga bisa sangat luas, karena dapat menyusuri sungai-sungai. Dan bisa menjangkau antar pulau bahkan antar negara. Kapal bisa bersandar di bantaran-bantaran sungai atau pesisir pulau sehingga bisa langsung berinteraksi dengan pembeli. Daya tampung dari kapal dalam membawa barang juga pasti lebih besar. Sehingga mobilitas dalam berdagang lebih efektif dan menguntungkan. Tujuan penjajahan bangsa Eropa ke wilayah timur:

1. Jangkauan dengan kapal lebih luas.

2. Mudahnya penggerak dan arah penentu tujuan dengan teknologi Navigasi yang saat itu sedang berkembang.

3. Mobilitas dengan perlautan lebih luas dan menampung jumlah yang besar apabila perdagangan menggunakan jalur kapal.

Jawaban

Dengan demikian, alasan pedagang kala itu memilih jalur laut adalah jangkaunnya lebih luas, menampung muatan yang besar, dan berkembangnya teknologi navigasi.

See also Seorang penyelam menyelam dengan kedalaman 3 m, massa jenis air 1.000 kg/m3 , konstanta gravitasi pada tempat tersebut adalah 10 N/kg. Besar tekanan hidrostatisnya adalah … N/m2