Sebutkan Faktor utama kegagalan konstituante dalam menyusun UUD 1945

Sebutkan Faktor utama kegagalan konstituante dalam menyusun UUD 1945!

Pembahasan

Pada masa-masa awal kemerdekaan, keadaan Indonesia memang masih sangat labil. Gejolak terjadi pada beberapa daerah dengan beragam masalah yang bisa menjadi pemicunya. Pada tahun 1955, yang merupakan tahun yang sangat bersejarah karena pada tahun tersebut terselenggara Pemilu pertama Indonesia, adalah suatu moment yang sangat krusial bagi peletakan dasar demokrasi di Indonesia. Pemilihan umum yang bertujuan untuk memilih anggota konstituante dan memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Konstituante memiliki tugas untuk merumuskan UUD yang baru sebagai pengganti UUDS 1950. Namun, Konstituante belum bisa menjalankan tugasnya dengan baik karena Sidang yang digelar oleh anggota Konstituante selalu diwarnai dengan perdebatan yang panjang dan sengit. Sehingga tentu saja hal ini membuat kinerja dari konstituante tidak optimal dan kesepakatan dalam merumuskan UUD selalu menemui jalan buntu.

Jawaban

Dengan demikian, faktor utama kegagalan konstituante dalam menyusun UUD 1945 adalah karena Konstituante belum bisa menjalankan tugasnya dengan baik karena Sidang yang digelar oleh anggota Konstituante selalu diwarnai dengan perdebatan yang panjang dan sengit. Sehingga tentu saja hal ini membuat kinerja dari konstituante tidak optimal dan kesepakatan dalam merumuskan UUD selalu menemui jalan buntu.

See also Ketidakpastian politik di Jepang menyebabkan Marsekal Terauchi mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh Indonesia di Dalat Vietnam. Pertemuan tersebut membahas