Perhatikan tujuan organisasi pergerakan nasional berikut

Perhatikan tujuan organisasi pergerakan nasional berikut!

A. Memajukan perdagangan.
B. Membantu para anggola yang mengalami kesulitan.
C. Memajukan kepentingan rohani dan Jasmani penduduk pribumi.
D. Memajukan kehidupan agama Islam.

Tujuan tersebut merupakan tujuan dari organisasi….

Pembahasan

Sarekat Islam didirikan oleh HOS Tjokroaminoto. Tujuannya adalah untuk memajukan agama, dan untuk memperkuat golongan pedagang-pedagang Indonesia terhadap pedagang-pedagang Tionghoa. Itu sebabnya, mulai lah di bentuk tujuan dari partai yang satu ini :

  1. Memajukan perdagangan, ini artinya agar dapat bersaing dengan pedagang-pedagang besar asing. Pada masa itu, banyak pedagang khususnya pedagang-pedagang Tionghoa telah terbukti lebih maju usahanya dan memiliki hak dan status yang lebih tinggi dari pada penduduk Hindia Belanda lainnya. Itu sebabnya, ini menjadi tujuan utama dari sarekat islam tersebut.
  2. Memberikan pertolongan kepada anggota-anggota yang mengalami kesulitan. Ini berarti, membangun persaudaraan, persahabatan dan tolong-menolong di antara muslim dan mengembangkan perekonomian rakyat.
  3. Memajukan kepentingan rohani dan jasmani dari penduduk asli. Menggalang persatuan umat islam khususnya dalam memajukan kehidupan agama islam.
  4. Memajukan kehidupan agama Islam atau hidup menurut ajaran agama.
  5. Menentang politik Hindia Belanda, yang memberi keleluasaan masuknya pedagang asing untuk menguasai komplar ekonomi rakyat pada masa itu.

Jawaban

Berdasarkan penjelasan tersebut, tujuan dari Sarekat Islam adalah memajukan perdagangan hingga menentang politik Hindia Belanda.

See also Perlawanan rakyat Singaparna selain karena penderitaan rakyat, perlawanan juga disebabkan penolakan rakyat untuk melakukan Seikerei, yakni