Penyerahan kedaulatan Indonesia dilaksanakan setelah berlangsung

Penyerahan kedaulatan Indonesia dilaksanakan setelah berlangsung …..

A. Perundingan Linggarjati

B. Perundingan Renville

C. Perundingan Roem – Royen

D. Konferensi Meja Bundar

Pembahasan

Setelah mencapai kemerdekaan tgl 17 Agustus 1945 yang dibacakan Ir. Soekarno, maka tanggung jawab pemerintah dan masyarakat Indonesia adalah mempertahankan kedaulatan dan pengakuan kemerdekaan Indonesia.

Dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia, dilakukan 2 jalur upaya oleh bangsa Indonesia seperti gencatan senjata dan jalur diplomasi. Upaya mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia berpuncak pada Konferensi Meja Bundar (KMB). Konferensi Meja Bundar dilaksanakan di Den Haag, Belanda tanggal 23 Agustus -2 November 1949. Konferensi Meja Bundar dihadiri delegasi RI yakni Drs. Moh. Hatta, delegasi BFO yakni Sultan Hamid, delegasi Belanda yakni Mr. Van Maarseven dan delegasi UNCI yakni Chritchley.

Adapun hasil Konferensi Meja Bundar seperti: (1) Indonesia menjadi negara federal dengan nama Republik Indonesia Serikat (RIS), (2) Hutang bekas pemerintah Hindia Belanda ditanggung oleh RIS, (3) RIS dan kerajaan Belanda bergabung yang merupakan Uni Indonesia-Belanda di bawah Ratu Belanda sebagai Kepala Uni, (4)Pengakuan kedaulatan dilaksanakan akhir tahun 1949, (5) Penyerahan Irian Barat dilaksanakan satu tahun setelah KMB.

Jawaban

Jadi jawaban yang tepat adalah D.

See also Perbedaan pandangan antara golongan tua dengan golongan muda menjelang Proklamasi Kemerdekaan yaitu mengenai